Kamis, 25/04/2024 16:56 WIB

Wasit Liga Inggris Belum Siap untuk VAR

Maurizio Sarri mengklaim bahwa wasit Liga Premier belum siap untuk menggunakan VAR dan tidak percaya bahwa sistem itu harus diperkenalkan.

Saat wasit menggunakan VAR sebelum mengambil keputusan

Jakarta - Pelatih kepala Chelsea, Maurizio Sarri mengklaim bahwa wasit Liga Premier belum siap untuk menggunakan VAR dan tidak percaya bahwa sistem itu harus diperkenalkan.

VAR dinilai merugikan Chelsea dalam kekalahan leg pertama semifinal EFL Cup mereka dari Tottenham pada hari Selasa, ketika teknologi itu digunakan untuk memberikan penalti kepada Harry Kane.

Kane awalnya dalam posisi offside di Wembley sebelum diganjal oleh Kepa Arrizabalaga, tetapi wasit Michael Oliver mengubah keputusan tersebut setelah berkonsultasi dengan asisten videonya.

Meskipun Sarri bersikeras dia tidak menyalahkan para pejabat, dia menegaskan kembali keraguannya bahwa sistem akan menjadi sukses ketika diperkenalkan ke papan atas musim depan.

"Masalahnya bukan wasit atau yang lain. Masalahnya adalah mereka tidak siap untuk menggunakan VAR," ujar Sarri dilansir Soccerway.

"Itu tidak mudah karena jika Anda melihat hakim garis ia menghentikan larinya dan untuk pemain ini adalah sinyal offside," tambahnya.

"Tapi itu normal. Mereka menggunakan sistem untuk pertama kalinya di Piala Liga dan jadi mereka hanya perlu membiasakan diri menggunakan sistem," lanjutnya.

"Saya tidak suka VAR tetapi itu hanya pendapat saya karena kami berisiko untuk mengubah suasana di stadion. Namun gol Anda harus menunggu selama 30 detik untuk merayakannya."

Sarri menilai dirinya tidak terkejut dengan sistem baru karena pengalamannya saat melatih salah satu klub Italia, yang memiliki sistem serupa.

"Saya terbiasa bermain dengan sistem karena di Italia kami menggunakannya mulai tiga tahun lalu. Saya tidak suka tetapi itu hanya pendapat saya. Saya lebih suka seperti sekarang di Inggris," tuturnya.

Sarri mengakui bahwa Chelsea tidak dapat menyalahkan teknologi atas kehilangan mereka, dan sebaliknya harus fokus pada kinerja mereka sendiri.

"Itu kesalahan, tapi itu tidak terlalu penting," tambah Sarri.

"Kami berbicara tentang 10 detik pertandingan, kami harus memikirkan 89 menit lainnya. Itu tidak penting," tambahnya.

"Ini hanya keputusan wasit tetapi saya harus menganalisis pertandingan penuh dan kami perlu memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah kami. Kami tidak perlu memikirkan wasit. Itu tidak penting bagi kami."

KEYWORD :

liga Inggris Teknologi VAR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :