Selasa, 24/09/2019 01:25 WIB

Menkes Nila Tak Lelah Cegah dan Cegah Diabetes

Komitmen Indonesia untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat.

Menteri Kesehatan Nina F Moeloek terus canangkan pola hidup sehat (Foto: Kemenkes)

Jakarta - Rekomendasi Ministerial Conference on Diabetes (MCOD) diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Singapura beberapa waktu lalu bertujuan menempatkan pentingnya manfaat pencegahan dan pengendalian Diabetes dalam agenda global, saling berbagi best practices internasional; pengalaman dan inovasi dalam memodifikasi faktor risiko diabetes; serta membangun kapasitas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan gaya hidup sehat.

Menkes Nila F Moeloek berbicara mengenai langkah-langkah strategis Pemerintah Indonesia mencegah dan mengendalikan diabetes pada 4 kesempatan yaitu Diskusi Panel II (Tackle Diabetes through Supportive Environments), Ministers Working Breakfast, Ministerial Round Table dan ASEAN Health Ministers Meeting Luncheon.

Menkes menegaskan komitmen Indonesia untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes melalui pemberdayaan masyarakat. Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), Pemerintah Indonesia telah membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM, sebagai upaya terdepan pencegahan dan pengendalian PTM.

"Pencegahan dan pengendalian diabetes jelas membutuhkan perhatian semua orang dan juga kebijakan nasional dengan pendekatan revolusioner," ucapnya.

Penyelesaian masalah diabetes terkait dengan perubahan perilaku dan membangun sinergi positif antar K/L untuk menumbuhkan iklim yang kondusif pada aspek pencegahan dan perubahan perilaku pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat serta institusi seperti tempat kerja.

Tiga hal utama perlu dilakukan yakni (1) perubahan perilaku yang terkait makanan sehat dan berimbang, aktivitas fisik, menghindarkan diri dari rokok dan alkohol; (2) melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala; dan (3) perbaikan tatalaksana penanganan penderita dengan memperkuat pelayanan kesehatan primer, akan menjadi prioritas dalam beberapa tahun ke depan.

Seperti diungkapkan oleh Direktur Jenderal WHO, dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, melalui Video Message di MCOD, tiga strategi untuk mempercepat program pencegahan dan pengendalian Diabetes adalah Prevention, Prevention and Prevention.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menkes bahwa kekuatan Cegah, Cegah dan Cegah dapat dimulai dari pendekatan penguatan pelayanan kesehatan di tingkat primer untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes.

Konferensi MCOD berhasil menyepakati pemahaman bersama para pemangku kepentingan mengenai kebutuhan mendesak untuk menangani ancaman epidemi Diabetes yang terus meningkat.

Diperlukan kerja sama global, regional, dan peningkatan kapasitas masing-masing negara dengan pendekatan multisektor untuk pencegahan dan pengendalian Diabetes.

TAGS : Cegah Diabetes Penyakit Tidak Menular




TERPOPULER :