Jum'at, 19/04/2024 11:17 WIB

Forum RDM, DPD RI Ingin Potensi Daerah Saling Bersinergi

Dalam rangka meningkatkan potensi daerah yang saling bersinergi, DPD RI menggelar pertemuan Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018.

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang buka forum Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018

Bali - Dalam rangka meningkatkan potensi daerah yang saling bersinergi, DPD RI menggelar pertemuan Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018.

Ketua DPD RI, Oesman Sapta secara langsung membuka forum RDM 2018 dengan tema "Memperkuat Strategi dan Efektifitas Kerja Sama Investasi dan Perdagangan Antar Daerah dan Luar Negeri", di The Stones Hotel, Bali, Jumat (7/12).

Acara itu, dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, para gubernur, serta organisasi pemerintahan seluruh Indonesia. Hadir pula Gubernur Bali I Wayan Koster serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Oesman Sapta menyampaikan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang dianugerahi dengan sumberdaya alam yang melimpah dan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.

Selain itu, lanjut Oesman, Indonesia juga memiliki penduduk terbesar keempat di dunia, serta beragam bahasa, etnis, dan adat istiadat yang tersebar di 17 ribu pulau.

DPD RI, menurutnya sebagai Lembaga Negara yang menjadi saluran aspirasi dan kepentingan daerah sangat mendukung visi pembangunan dari daerah.

"Fokus kami di DPD RI adalah agar otonomi daerah dan desentralisasi dapat meningkatkan pertumbuhan yang berkualitas melalui pemerataan hasil-hasil pembangunan ke semua daerah dalam rangka mengatasi disparitas sosial ekonomi," kata Oesman.

Kata Oesman, hal inilah yang menjadi dasar DPD RI untuk menginisiasi penyelenggaraan Regional Diplomatic Meeting ini, agar potensi-potensi daerah yang satu dengan daerah lainnya dapat sinergi dan terjalin koneksitas dalam kesatuan Negara Republik Indonesia

"Namun kita menyadari tidaklah mudah mengelola sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang melimpah tersebut dalam rangka menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera," kata Oesman.

Untun itu, kata Oesman, saat ini pemerintah telah menetapkan bahwa dalam rangka meningkatkan pembangunan nasional, maka pelaksanaan pembangunannya dimulai dari pinggir atau daerah dengan memberikan titik tekan pada kemampuan, karakter dan sumberdaya khas dari masing-masing daerah.

"Karena apabila daerah terbangun dan kuat maka negara dan bangsa akan menjadi kuat pula," terangnya.

"Karena bagaimanapun, di era globalisasi saat ini, dalam rangka percepatan pembangunan daerah, kita perlu menjalin hubungan kemitraan yang luas dengan berbagai Negara," demikian Oesman Sapta.

KEYWORD :

Regional Diplomatic Meeting Ketua DPD Oesman Sapta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :