Rabu, 08/04/2020 10:09 WIB

3 Tips Sambut Usia Tua Tetap Sehat

Salah satu upaya mempersiapkan kesehatan di masa tua yakni dengan memperhatikan asupan makanan dan porsi olahraga.

Ilustrasi hidup sehat (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta – Tidak dipungkiri, seiring bertambahnya usia, banyak orang khawatir dengan kesehatan di masa tuanya. Bahkan kemudian tak sedikit yang menyesali masa tua, karena tak menjaga kesehatan di kala muda.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan, salah satu upaya mempersiapkan kesehatan di masa tua yakni dengan memperhatikan asupan makanan dan porsi olahraga.

Makan, kata Susan, merupakan salah satu kebiasaan yang dapat dilatih secara rutin setiap hari. Artinya, setiap jenis makanan akan menyediakan kesempatan untuk memperkuat kebiasaan sehat, di antaranya dengan menetukan porsi, hingga memilih jenis makanan yang bernutrisi padat.

“Saya telah memberikan masukan kepada banyak pasien berusia lanjut yang memiliki kebiasaan makan yang buruk, dan secara mendadak memutuskan untuk mengubah pola hidup ke arah lebih sehat,” kata Susan di Jakarta pada Rabu (28/11).

“Hal tersebut dipicu pertambahan usia atau bahkan kondisi kesehatan. Mereka juga mengatakan, cukup sulit mengubah kebiasaan pola makan yang sudah dilakukan puluhan tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Menurut survei bertajuk `2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey` yang dilakukan Agustus lalu yang melibatkan 5.500 responden di atas 40 tahun dari 11 negara, 71 persen di antaranya percaya bahwa perubahan gaya hidup sehat akan membantu menghadapi penuaan yang sehat.

Bahkan 90 persen responden mengatakan sadar bahwa mereka telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan.

Disampaikan oleh Susan, berikut ini tiga tips untuk mempersiapkan masa tua yang lebih sehat:

  1. Mempertahankan kesehatan tulang

Tulang yang sehat dan kuat dibangun selama masa remaja, karena kemampuan tubuh menyimpan kalsum di tulang, bekerja optimal pada usia 30-an. Ini merupakan periode kritis di mana Anda dapat memaksimalkan kepadatan tulang.

Beberapa hal yang dapat dilakukan yakni dengan mengonsumsi kalsium dalam makanan dengan jumlah 1.000 mg per hari, dan secara teratur berlatih beban. Keduanya, kata Susan, sangat penting untuk membangun massa tulangm serta dapat dilakukan secara optimal, ketika Anda lebih muda untuk memastikan kesehatan tulang seiring pertambahan usia.

“Mengonsumsi kalsium yang cukup setiap hari di mana kebutuhan meningkat menjadi sekitar 1.200 mg per hari setelah usia 50 agar sesuai dengan kebutuhan kalsium harian Anda,” sarannya.

  1. Mempertahankan massa otot dan berat badan

Membangun massa otot dapat dilakukan pada usia berapapun. Ketika Anda memulai kebiasaan yang baik di usia muda, termasuk mengonsumsi protein yang cukup dan terlibat dalam latihan ketahanan tubuh, Anda akan cenderung melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidup.

Hal ini dikarenakan, sebagian besar massa tanpa lemak menentukan tingkat metabolisme pada saat istirahat.

“Membangun massa otot adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melawan peningkatan obesitas, akibat peningkatan lemak dan berat badan, sering bertambahnya usia,” jelas Susan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dan cara merawat kulit di masa muda, dapat memengaruhi penampilan kulit saat bertambah tua. Kulit Anda bergantung pada protein untuk memproduksi dan mendukung strukturnya, serta kebutuhan cairan untuk membantu mencegah kekeringan.

Menurut Susan, membiasakan diri membersihkan, melembabkan dan secara teratur menggunakan tabir surya ketika masih muda, dapat membbantu mempertahankan kulit yang sehat saat usia bertambah.

Efek kerusakan kulit yang terjadi saat muda mungkin baru akan muncul saat usia lanjut. Jadi, pertahanan terbaik Anda ialah membiasakan merawat kulit dengan baik mulai sekarang.

TAGS : Tips Sehat Usia Tua Jaga Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :