Jum'at, 14/12/2018 06:03 WIB

Obesitas Usia Remaja Beresiko Terkena Kanker Pankreas

Obesitas pada masa remaja dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker pankreas mematikan di masa dewasa.

Ilustrasi kelebihan berat badan di usia remaja (foto:UPI)

Jakarta - Obesitas pada masa remaja dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker pankreas mematikan di masa dewasa. Hal itu diungkapkan Allison Rosenzweig, seorang manajer senior di Jaringan Aksi Kanker Pankreas.

Menurut Allison, peluang untuk kanker langka ini dapat berlipat empat karena obesitas. Selain itu, risiko meningkat seiring dengan peningkatan berat badan, bahkan mempengaruhi pria dalam kisaran berat badan normal.

"Sudah diketahui selama beberapa waktu bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko individu terkena kanker pankreas, dan ini temuan baru yang penting menunjukkan bahwa obesitas dan kelebihan berat badan pada masa remaja juga dapat berdampak pada risiko tersebut," kata Allison.

"Karena kanker pankreas adalah penyakit yang relatif langka, diperkirakan berdampak pada sekitar 55.000 orang Amerika tahun ini, bahkan mereka yang berisiko tinggi memiliki kemungkinan rendah terkena penyakit ini," tambahnya.

Juga, karena penelitian ini melihat data retrospektif, itu tidak dapat membuktikan bahwa kelebihan berat badan adalah penyebab kanker pankreas, hanya itu ada hubungan.

Kanker pankreas adalah penyebab kematian kanker ketiga di Amerika Serikat, dengan tingkat kelangsungan hidup lima tahun di bawah 10 persen.

Untuk studi baru, para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Zohar Levi, dari Rabin Medical Center di Petah Tikva dan Universitas Tel Aviv, mengumpulkan data tentang lebih dari 1 juta pria Yahudi dan 700.000 wanita Yahudi di Israel. Para peserta melakukan pemeriksaan fisik pada usia 16 hingga 19 tahun dari tahun 1967 hingga 2002.

Dengan menggunakan Registry Kanker Nasional Israel, para peneliti mengidentifikasi kasus kanker pankreas hingga tahun 2012. Follow-up mereka mengungkapkan 551 kasus baru kanker pankreas.

Dibandingkan dengan berat badan normal, obesitas dikaitkan dengan hampir empat kali lebih tinggi risiko kanker di antara pria. Di antara wanita, risikonya sedikit lebih dari empat kali lebih tinggi.

Secara keseluruhan, para peneliti menghubungkan hampir 11 persen kasus pankreas dengan kelebihan berat badan dan obesitas remaja.

Dr Chanan Meydan, dari Pusat Medis Mayanei Hayeshua di Israel, menulis sebuah editorial yang menyertai penelitian ini. Dia mengatakan, kenaikan berat badan pada masa remaja dapat meningkatkan peradangan, yang merusak sel dan dapat meningkatkan risiko kanker.

TAGS : Kanker Pankreas Obesitas Remaja




TERPOPULER :