Jum'at, 14/12/2018 06:05 WIB

Film Kesaksian Palestina Sabet Penghargaan di Istanbul

Film yang berjudul

Seorang demonstran Palestina menggunakan raket untuk mengembalikan tabung gas air mata yang ditembakkan oleh pasukan Israel selama protes menuntut hak untuk kembali ke tanah air mereka di perbatasan Israel-Gaza di Jalur Gaza selatan (Foto: REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa

Istanbul - Sebuah film garapan Yaser Murtaja berjudul "Antara Dua Persimpangan" dianugerahi medali perak dalam sebuah festival di Istanbul, Minggu (18/11). Film tersebut menampilkan penderitaan warga Gaza setiap hari karena blokade.

Sementara di urutan pertama adalah direktur Palestina Amap Dima Abu Ghoush yang dianugerahi medali emas di dalam acara yang bertema Penghargaan Kreativitas Media untuk Palestina.

Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dari konferensi besar yang dimulai di kota Turki pada Sabtu, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bagi perjuangan Palestina.

Diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut, konferensi dua hari, bertema "Palestine Addressing the World", menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia.

Murtaja, fotografer dan juru kamera berusia 30 tahun, telah mengajukan permintaan untuk penghargaan hanya beberapa bulan sebelum ditembak mati dalam aksi protes mingguan Jalur Gaza yang dikenal sebagai Great Return March.

Ia tewas dengan peluru yang ditembakkan oleh seorang penembak jitu Israel April lalu ketika

TAGS : Festival Film Istanbul Kesaksian Palestina




TERPOPULER :