Selasa, 25/09/2018 03:07 WIB

Skandal 1MDB: Mahathir Bakal Sita Jet Pribadi Pemodal Malaysia

Pemodal yang dikenal sebagai Jho Low itu membeli jet Bombardier Global 5000 pada 2010.

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (Foto: SCMP)

Kuala Lumpur – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan menarik jet pribadi senilai US$35 juta milik pemodal Low Taek Jho, yang merupakan bagian dari penyelidikan skandar multi-miliar dolar 1MDB (Malaysia Development Berhad).

Dilansir dari Asian Correspondent, pemodal yang dikenal sebagai Jho Low itu membeli jet Bombardier Global 5000 pada 2010. Departemen Kehakiman AS mengklaim jet itu dibeli menggunakan dana 1MDB.

Kerja sama Malaysia dan AS sedang menyelidiki kasus korupsi 1MDB yang merugikan negara lebih dari US$4,5 miliar. Uang tersebut kabarnya digunakan untuk membeli jet pribadi, lukisan superyacht, Picasso, perhiasan, dan real estate.

Khusus Superyacht Equanimity senilai US$250 juta yang dibeli Jho Low, telah diserahkan oleh Indonesia pekan lalu.

“Saya pikir begitu, kami harus membawanya (jet, Red)kembali,” kata Mahathir saat ditanya soal jet Bombardies Global 5000.

Menurut laporan media, jet Bombardier Global 5000 terakhir kali terlihat di Singapura tahun lalu. Namun kabar tersebut hingga saat ini belum dikomentari oleh Kementerian Luar Negeri Singapura.

Otoritas Malaysia juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Low. Pria tersebut belum diketahui keberadaannya, sejak pasporsnya dicabut.

TAGS : Malaysia 1MDB Mahathir Mohamad




TERPOPULER :