Sabtu, 17/11/2018 02:56 WIB

Enyahkan Minyak di Wajah dengan Cara Sederhana Berikut

Ada banyak hal lain yang lebih sederhana namun lebih efektif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit berminyak.

Ilustrasi menggunakan scrub alami untuk merawat kulit berminyak.(Foto : Boldsky)

Jakarta - Merawat jenis kulit berminyak bisa menjadi tugas yang menakutkan. Sering disebabkan oleh kelenjar sebasea yang terlalu aktif, kelebihan minyak membuat kulit rentan terhadap infeksi dan berbagai kondisi yang mengganggu.

Orang dengan tipe kulit berminyak sering menghabiskan banyak uang untuk produk perawatan kulit komersial yang mengklaim dapat mengurangi sifat berminyak dan mengusir jerawat yang tidak enak dipandang yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Namun, produk komersial bukan satu-satunya perawatan untuk jenis kulit berminyak. Bahkan, ada banyak hal lain yang lebih sederhana namun lebih efektif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit berminyak. Berikut hal-hal sederhana yang dapat membantu Anda mengatasinya.

1. Tomat
Tomat banyak digunakan untuk berbagai manfaat terutama kulit. Buah ini sarat dengan sifat astringen dan nutrisi yang dapat menembus lapisan kulit yang dalam dan menghilangkan kotoran, sekaligus mengurangi rasa berminyak. Cukup bubuhkan tomat halus ke kulit Anda dan pijat perlahan selama beberapa menit. Setelah 10 menit, bilas residu dengan air hangat.

2. Gosokkan Irisan Mentimun
Mentimun adalah bahan perawatan kulit pembangkit tenaga listrik yang mengandung vitamin dan mineral yang mampu mencegah produksi sebum berlebih di kulit. Cukup gosok kulit yang baru dibersihkan dengan beberapa iris mentimun untuk menghilangkan lemak. Setelah selesai, Anda dapat membersihkan residu dengan air hangat.

3. Gunakan Scrub Wajah Oatmeal
Oatmeal dikemas dengan faktor-faktor eksfoliasi yang dapat menarik kotoran dari lapisan kulit yang dalam dan mencegahnya menjadi berminyak. Buat campuran 1 sendok teh oatmeal dan 2 sendok teh air mawar. Gosok lembut kulit Anda dengan campuran ini untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membersihkan residu dari wajah Anda.

4. Coba Yogurt
Hal lain yang bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit berminyak dengan memasukkan yogurt ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Ini memberikan nutrisi yang mendalam pada kulit dan menyerap sebum berlebih. Taruh saja yoghurt segar di seluruh wajah Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum membilas kulit Anda dengan air hangat. Melakukan hal sederhana ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit bebas minyak.

5. Gunakan Pisang dan Madu
Pisang penuh dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kulit, sedangkan madu adalah sumber sifat antibakteri. Bekerja sama, kedua komponen ini tidak hanya mengurangi sifat berminyak pada kulit Anda tetapi juga membantu kulit Anda tetap bebas infeksi. Hancurkan pisang matang dan campurkan dengan 1 sendok makan madu. Oleskan bahan yang dihasilkan ke kulit dan setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

6. Gunakan Putih Telur
Diperkaya dengan protein, putih telur juga merupakan bahan perawatan kulit yang terkenal karena sifatnya yang menyerap minyak. Oleskan putih telur ke wajah Anda dan biarkan hingga kering selama 15-20 menit. Setelah itu, gunakan pencuci muka ringan dan air hangat untuk membersihkan residu dari wajah.

7. Cuka Apel
Cuka sari apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan memiliki sifat antibakteri. Ini adalah obat luar biasa untuk mengurangi rasa berminyak dan menangkal masalah terkait seperti jerawat. Cukup campurkan 3-4 tetes cuka sari apel dengan 1 sendok teh air suling. Rendam bola kapas dalam campuran dan oleskan dengan lembut di wajah Anda. Biarkan semalaman. Di pagi hari, bersihkan kulit Anda dengan cuci muka ringan dengan air hangat.

8. Cobalah Pengobatan Jus Lemon
Kehadiran asam sitrat dalam jus lemon membuatnya menjadi bahan yang luar biasa untuk menjaga rasa berminyak. Cukup siapkan ramuan 1 sendok teh jus lemon dan 2 sendok teh air. Rendam bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke seluruh kulit. Setelah beberapa menit, bilas kulit Anda dengan air hangat untuk menghilangkan kelebihan minyak.

9. Terapkan Apple
Di alam apel juga dapat digunakan untuk menjaga kulit berminyak dan jerawat. Hanya parut setengah apel dan lapisi bahan yang dihasilkan di seluruh kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

10. Rawat Kulit Anda dengan Masker Tanah Liat Hijau Buatan Sendiri
Tanah liat hijau dipuji sebagai obat utama untuk jenis kulit berminyak. Ia mampu menyerap minyak berlebih dari kulit, sementara membuang racun dan sel kulit mati dari pori-pori. Cukup buat masker wajah menggunakan ½ sendok teh bubuk tanah liat hijau dan 1 sendok makan air mawar. Sebarkan bahan di wajah Anda dan biarkan mengering selama 10 menit. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membilas residu.

TAGS : masker wajah cantik kulit berminyak jerawat




TERPOPULER :