Kamis, 15/11/2018 07:50 WIB

Konsumsi Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Makan makanan yang tinggi serat larut, yang tidak memungkinkan saluran pencernaan untuk menyerap kolesterol.

Pastikan konsumsi sayur dan buah untuk mengontrol kolesterol. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Saat ini, kita dapat membaca dan mendengar tentang banyak orang yang menderita kolesterol tinggi dan masalah yang terkait dengannya. Alasannya bisa banyak, dan perawatan akan melibatkan perubahan gaya hidup dan diet, kadang-kadang bersama dengan obat yang diresepkan dokter. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, atau Anda tidak menginginkannya tinggi, Anda bisa memastikan beberapa kebiasaan rutin sehari-hari untuk membantu kadar kolesterol tetap batas normal

Yang mesti Anda lakukan ialah makan sehat. Sertakan susu rendah lemak, daging tanpa lemak, minyak zaitun, dll. Untuk lemak sehat, dan hindari lemak jenuh yang ditemukan dalam daging merah, produk susu, dll. Juga, hindari sepenuhnya lemak trans yang umum dalam makanan yang digoreng, kue, kue kering. Makan makanan yang tinggi serat larut, yang tidak memungkinkan saluran pencernaan untuk menyerap kolesterol. Mengonsumsi buah dan sayuran, ikan kaya omega-3, dan mengurangi konsumsi garam.

Anda juga perlu berolahraga setidaknya 10-15 menit sekali atau dua kali pada siang hari. Hentikan kebiasaan merokok akan mengarah pada peningkatan HDL, dan secara bertahap akan mengurangi risiko jantung. Dan cobalah untuk berhenti minum alkohol sepenuhnya, atau kurangi konsumsi untuk menurunkan kolesterol LDL tinggi. Selain itu, dalam beberapa kasus, konsultasi dengan dokter mungkin diperlukan untuk menyembuhkan kolesterol tinggi. Obat yang diresepkan oleh dokter perlu dipatuhi, terlepas dari melanjutkan perubahan gaya hidup dan pola makan.

Buah apa yang harus dikonsumsi untuk menjaga kolesterol terkontrol?

Pepaya
Buah ini memiliki kandungan serat yang luar biasa dan kolesterol nol. Ini membantu dalam mengatur kolesterol LDL dan mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, satu pepaya besar (sekitar 750 gram) memiliki sekitar 14 gram serat, yang cukup. Anda bisa memiliki pepaya dalam bentuk mentah, dalam salad, dalam kari atau dalam milkshake.

Apel
Satu apel sehari membuat dokter menjauh! Benar dikatakan, apel penuh dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk kemampuan untuk mengelola kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL berkurang dengan konsumsi apel secara teratur, karena adanya antioksidan polifenol dan serat pektin pada apel.

Buah jeruk
Kehadiran hesperidin dalam buah jeruk seperti jeruk, lemon, grapefruit, dll. Membantu mengurangi hipertensi dan serat pektin bersama dengan senyawa limonoid yang tidak memungkinkan arteri mengeras dan juga menurunkan kolesterol jahat LDL. Makan buah jeruk secara teratur adalah alasan yang baik untuk menjaga kolesterol dalam pemeriksaan.

Alpukat
Buah ini populer di kalangan pasien tekanan darah tinggi. Alpukat termasuk lemak tak jenuh tunggal dan vitamin C, B5, B6, E, dan K, yang membantu menjaga jantung sehat, mengurangi kemungkinan stroke, dan mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL.

Stroberi
Menjadi kaya serat pektin, stroberi adalah pilihan yang fantastis untuk menurunkan kolesterol LDL.

Anggur
Buah ini mengandung senyawa pterostilbene bersama dengan serat pektin, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL tinggi serta trigliserida dalam tubuh. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak terlalu sulit untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh, jika Anda dapat fokus pada jenis kebiasaan makan atau gaya hidup yang tepat. Lebih baik untuk memodifikasi diet, meningkatkan konsumsi buah-buahan yang disebutkan di atas, olahraga yang cukup, dan menghindari obat sedapat mungkin untuk mengatur kadar kolesterol.

TAGS : kolesterol buah sayur tips sehat serat




TERPOPULER :