Sabtu, 14/12/2019 14:34 WIB

5 Cara Asyik Ngabuburit di Bulan Puasa, Kamu yang Mana?

Banyak kegiatan yang menjadi tradisi dalam menyambut Ramadan, salah satunya tradisi Ngabuburit.

Banyak kegiatan yang menjadi tradisi dalam menyambut Ramadan, salah satunya tradisi Ngabuburit (Foto: Infopublik)

Jakarta, Jurnas.com - Bulan Ramadan menjadi bulan istimewa yang ditunggu oleh umat Islam seluruh dunia. Banyak kegiatan yang menjadi tradisi dalam menyambut Ramadan, salah satunya tradisi Ngabuburit yang dikenal sebagai waktu menunggu berbuka puasa.
 
Apakah Anda merasakan waktu berjalan lambat namun dengan ngabuburit kegiatan yang positif Anda bisa mengembangkan diri menjadi lebih produktif meski sedang berpuasa.

Seperti yang dilansir dari laman EF terdapat sejumlah kegiatan seru yang bisa kamu lakukan seraya menunggu waktu berbuka puasa. Apa saja sih:

1. Berburu Takjil

Bagi Kamu yang suka berburu kuliner, waktu ngabuburit sudah jelas akan mengunjungi pusat-pusat penjualan aneka takjil yang hanya muncul i bulan Ramadan. Aneka panganan berbuka mulai dari camilan manis dan gurih bisa dijadikan menu buka puasa.

Banyak tempat-tempat (street food) yang menjajakan aneka takjil. Jika di Jakarta Anda bisa mengunjungi Pasar Bendungan Hilir atau kawasan Sabang dan Pecenongan atau jika di Yogyakarta Anda bisa mengunjungi Pasar Kauman.

2. Baca buku

“Buku adalah jendela dunia.” Maka, jangan malas membaca buku. Ada banyak informasi dan pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dengan membaca buku. Dengan membaca buku tidak terasa waktu berbuka puasa telah tiba.

4. Belajar online

Mungkin kamu pernah mendengar berbagai situs di mana kamu bisa belajar secara online dengan cuma-cuma? Situs-situs seperti Coursera, Open2Study, Code Academy, semua memungkinkan kamu untuk belajar berbagai subjek secara gratis. Mulai dari nutrisi, marketing, finance, coding, semua bisa kamu pelajari dengan gratis.

4. Nonton film

Selalu ada film-film terbaru yang dirilis di bioskop. Apakah kamu sudah menonton film terbaru “Pirates of Carribean” yang ke-lima? Atau mungkin film Wonder Woman? Malas pergi ke luar dan lebih suka diam di rumah, maka kamu bisa saja menonton DVD atau unduh film terbaru secara online.

5. Main game

Ada banyak game atau permainan seru yang bisa kamu mainkan sambil menunggu berbuka. Misalnya board game, seperti Scrabble, Monopoly, Cranium, semua permainan ini bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. Jika kamu memainkan versi bahasa Inggris dari permainan ini, maka kamu akan melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu, sambil bermain. Seru bukan?

TAGS : Hikmah Ramadan Puasa Ngabuburit Takjil




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :