Selasa, 15/10/2019 17:56 WIB

Minum Soda Ketika Hamil Bisa Buat Otak Anak Melemah

Meminum lebih banyak cairan yang mengandum gula kala sedang mengandung bisa mengurangi fungsi otak anak.

Ilustrasi obat untuk ibu hamil

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Merrimack College di North Andover menemukan bahwa meminum soda ketika hamil bisa berakibat fatal pada perkembangan otak sang buah hati.  

Penelitian ini juga menyimpulkan, meminum lebih banyak cairan yang mengandum gula kala sedang mengandung bisa mengurangi fungsi otak anak. Biasanya, mereka akan lebih lambat dalam memecahkan suatu masalah, lantaran kinerja otaknya terganggu.  

"Semua orang menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka, dan satu cara untuk menjaga anak Anda adalah dengan membatasi asupan tambahan gula, terutama minuman manis seperti minuman buah, minuman olahraga, dan soda," kata Dr Juliana Cohen, asisten profesor di Merrimack College di North Andover.

"Diet anak juga sangat penting, beri mereka asupan buah utuh selain jus atau soda," tambahnya.

Juliana menambahkan, meminum soda atau alcohol selama kehamilan dikaitkan dengan motorik halus, kemampuan visual, spasial dan visual yang lebih rendah pada anak usia dini (sekitar usia 3 tahun). Pada pertengahan masa kanak-kanak (usia 7), anak-anak yang ibunya minum soda saat hamil memiliki kemampuan verbal yang lebih buruk.

Namun Anak-anak yang secara teratur diberi asupan buah-buahan memiliki kemampuan motorik visual yang lebih baik pada anak usia dini dan kecerdasan verbal yang lebih baik di masa kecil.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.200 ibu hamil. Para wanita dalam studi ini mengkonsumsi sekitar 120 hingga 200 kalori gula dalam sehari. The American Heart Association merekomendasikan kurang dari 100 kalori sehari (25 gram) dari gula untuk wanita dan anak-anak.

TAGS : Tips Kesehatan Wanita Hamil Fungsi Otak




TERPOPULER :