Rabu, 19/06/2019 17:44 WIB

5 Cara Jaga Kesegaran Makanan untuk Gaya Hidup Sehat

Berikut beberapa tips yang diberikan Kim dalam menjaga kesegaran bahan makanan untuk diolah menjadi masakan sehat.

Chef Kim Pangestu melakukan demo membuat dessert. (Foto: Andi Mardana/Jurnas.com)

Jakarta - Bahan makanan segar akan menghasilkan makanan yang sehat dengan cita rasa unggul karena rasa aslinya masih kuat terasa. Menjaga kesegaran bahan makanan alami seperti daging, ikan, buah serta sayur membutuhkan pemahaman, pengalaman dan ketelitian karena masing-masing memiliki jangka waktu kesegaran yang berbeda.

Konsumsi makanan sehat juga kian meningkat seiring tingginya gaya hidup sehat yang dianut masyarakat. Karenanya tak hanya mereka yang secara professional memahami makna kesegaran bahan makanan asli, namun masyarakat luas kini juga memiliki keinginan agar makanan yang dikonsumsi masih menyimpan kandungan gizi bermanfaat dan memiliki kesegaran alami.

1. Pastikan beli bahan kondisi bagus
Pastikan bahan makanan seperti daging dan ikan dibeli dalam kondisi terbaik. Sehingga saat hendak menggunakan, kita akan mendapatkan manfaat terbaiknya.

2. Gunakan wadah penyimpanan yang tepat
Simpan dalam wadah yang tepat untuk masing-masing bahan makanan yang berbeda. Karena masing-masing memiliki batas waktu kesegaran yang berbeda.

3. Kenali sifat-sifat makanan
Kenali sifat khas bahan makanan, misalnya susu, mentega dan keju akan cepat busuk bila diletakkan di chiller dengan suhu di atas 17 derajat celcius. Jadi akan lebih baik bila kita dapat mempelajari lebih lanjut sifat masing-masing makanan.

4. Atur suhu penyimpanan
Pastikan suhu merata di bawah 4 derajat untuk menjaga kesegaran bahan makanan, karena di atas suhu tersebut ada kemungkinan bakteri akan berkembang. Sehingga memilih lemari es dengan fitur yang mampu menjaga pemerataan suhu sangatlah penting.

5. Pisahkan makanan sesuai jenis
Jaga agar bau tidak tercampur, pisahkan dengan seksama makanan yang dapat menimbulkan bau.

 

TAGS : Kim Pangestu tips perdapuran makanan sehat




TERPOPULER :