Jum'at, 20/07/2018 02:08 WIB

10 Besar Elektabilitas Capres pada Pilpres 2019

Empat bulan jelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (Capres dan Cawapres), sejumlah kandidat sudah mulai bermunculan untuk meramaikan Pilpres 2019 mendatang.

Direktur Riset Media Survei Nasional (Median), Sudarto

Jakarta - Empat bulan jelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (Capres dan Cawapres), sejumlah kandidat sudah mulai bermunculan untuk meramaikan Pilpres 2019 mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Media Survei Nasional (MEDIAN), ada 10 Capres terkuat berdasarkan pertanyaan semi terbuka.

Dimana, Presiden Jokowi masih menduduki posisi teratas dengan 36,2 persen, Prabowo Subianto 20,4 persen, Gatot Nurmantyo 7,0 persen, Jusuf Kalla 4,3 persen, Anies Baswedan 2,0 persen, Muhaimin Iskandar 1,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,8 persen, Anis Matta 1,7 persen, Hary Tanoesudibjo 1,6 persen, TGB Zainul Majdi 1,5 persen.

"Pada periode itu elektabilitas tertinggi itu masih ditempati Presiden Jokowi," kata Direktur Riset Media Survei Nasional (Median) Sudarto, saat memaparkan hasil survei dengan tema "Siapa Layak jadi Lawan atau Pasangan Jokowi?", di Kawasan Cikini, Jakarta, Senin (16/4).

Selain itu, kata Sudarto, hasil suvei yang menarik adalah soal elektabilitas Cawapres. Menurutnya, dari seluruh kandidat Cawapres, tidak ada yang memperoleh elektabilitas di atas 10 persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat tidak terlalu fokus dalam melihat Cawapres. Masyarakat lebih fokus melihat Capres," terangnya.

Diketahui, survei tersebut dilakukan pada 24 Maret-6 April 2018. Populasi survei seluruh warga yang memiliki hak pilih. Target sampel 1.200 responden, dengan margin of error sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi Provinsi dan gender. Hasil survei menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data. Quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel yang ada.

TAGS : Pilpres 2019 PKS Presiden Jokowi Prabowo Subianto




TERPOPULER :