Selasa, 15/10/2019 18:39 WIB

Tips Permainan Berbasis Teknologi untuk Anak

Sangat penting menjaga keseimbangan antara penggunaan mainan tradisional dan berbasis teknologi.

Sangat penting menjaga keseimbangan antara penggunaan mainan tradisional dan berbasis teknologi

Jakarta - Di era perkembangan teknologi yang pesat, anak-anak generasi masa kini tumbuh menjadi generasi yang cerdas dalam menggunakan teknologi digital (digital savvy), dimana mereka sudah mengenal perangkat pintar dan internet sejak lahir. Sayangnya, orang tua seringkali menggunakan kecanggihan perangkat ini sebagai alat untuk mengalihkan perhatian agar anak-anak tetap sibuk, atau sebagai mekanisme negosiasi dengan anak

Berdasarkan fakta di atas, perusahaan mainan edukatif Fisher-Price hari ini menyelenggarakan diskusi dengan topik seputar peran orang tua dalam mempersiapkan anak usia dini meraih kesuksesan dan mampu beradaptasi di era teknologi.

Dr. Deborah Weber, Ph.D, Director, Early Childhood Department Research dari Fisher-Price, USA, menyarankan beberapa kiat bagi orang tua, seperti memilih waktu yang tepat dalam memperkenalkan gadget ke anak, memperhatikan kelayakan konten, menerapkan batasan waktu bermain, serta memastikan jeda berkala dalam setiap sesi bermain.

Sehubungan dengan perkembangan teknologi, Deborah  juga menyampaikan pentingnya metode STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics atau sains, teknologi, teknik, dan matematika) dalam perkembangan anak usia dini.

"Metode STEM menekankan pada pembelajaran aktif, menstimulasi anak untuk memecahkan masalah, fokus pada solusi, membangun cara berpikir logis dan sistematis, dan mempertajam kemampuan berpikir kritis," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/4).

Hal itu berperan besar dalam mempersiapkan anak untuk membangun karakter yang kompetitif secara global dan mempersiapkan
mereka untuk kesempatan karier di bidang teknis dan kreatif di masa depan.

Melihat keunggulan dari metode pembelajaran STEM dan memahami pentingnya memberikan pembekalan dasar yang kuat sejak usia dini, Fisher-Price menghadirkan rangkaian permainan Think & Learn dan Laugh & Learn yang menggabungkan metode STEM dan sistem pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan dan aman.

Deborah memperagakan tipe mainan beberapa seri produk mainan Think & Learn Code-A-Pillar yang mendapat banyak perhatian. Mainan
ini memiliki sembilan segmen yang mudah disambungkan dan dapat diatur ulang oleh anak-anak prasekolahuntuk “memberi tahu” mainan cara bergerak maju, kiri, kanan, bergoyang, menari, atau bahkan menunggu beberapa detik sebelum bergerak lagi. Seorang anak dapat mulai bermain CodeA-pillardi titik A dan mencari tahu bagaimana cara memindahkannya ke titik tujuan B melalui pengurutan.
 

TAGS : permainan tips anak teknologi




TERPOPULER :