Sabtu, 22/09/2018 18:01 WIB

Kampanye Ayo Indonesia Bergerak, Ajak Masyarakat Lebih Aktif

Sebuah gerakan inspiratif dari Yogyakarta menuju Jakarta untuk menunjukkan Indonesia mampu bergerak lebih aktif.

Gerakan Ayo Indonesia Bergerak mengajak masyarakat untuk bergerak lebih aktif.(Foto : Andi Mardana)

Jakarta - Gaya hidup sedentari telah menjadi isu penting di Indonesia maupun seluruh dunia, dan telah terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular (degeneratif) sehingga mencegah masyarakat Indonesia memiliki kehidupan yang lebih baik. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 24,1 persen penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari 6 jam perhari.

Dengan seperempat masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, risiko terjadinya penyakit tidak menular pun meningkat. Saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia termasuk diantaranya adalah penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Secara global, kurangnya aktivitas fisik diestimasikan menimbulkan biaya pelayanan kesehatan dalam setahun hingga sebesar INT $54 milyar, dimana 57 persen ditanggung oleh sektor publik dan tambahan $14 miliar menyebabkan hilangnya produktivitas.

Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, seiring dengan gaya hidup modern yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup sedentari pun merupakan suatu hal yang juga banyak dilakukan, sehingga menjadi penghalang bagi kita dalam melakukan yang terbaik dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Dengan fakta satu dari empat penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengajak semua masyarakat Indonesia melawan fenomena ini. "Kami percaya bahwa bangsa yang kuat bermula dari masyarakat yang kuat dan kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif demi Indonesia yang lebih sehat dan kuat," jelas Rohini Behl pada press conference kampanye "Ayo Indonesia Bergerak" di Jakarta, Rabu (11/4).

Rohini Behl menambahkan, tahun ini Anlene dengan kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ turut mendukung program pemerintah, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan mendorong masyarakat untuk bergerak lebih aktif. "Dengan bergerak aktif serta menjaga kesehatan, kekuatan dan fleksibilitas tulang, sendi, dan otot, kita telah melakukan langkah penting untuk melawan gaya hidup sedentari. Kita bisa melakukan lebih untuk melawan gaya hidup sedentari," tegasnya.

Fonterra Branda melalui merek Anlene mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif dalam melawan gaya hidup santai dengan kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’. Kampanye ini menginsipirasi masyarakat agar lebih aktif dengan perjalanan estafet bersama komunitas lokal dari Yogyakarta menuju Jakarta.

TAGS : Gaya hidup Anlene bergerak aktif sedentari




TERPOPULER :