Senin, 18/01/2021 01:43 WIB

Olimpiade Musim Dingin Diincar Peretas

Panitia penyelenggara telah menerima beberapa email yang terinfeksi malware.

Ilustrasi Hacker

Seoul - Sejumlah peretas mulai mengincar Olimpiade Musim Dingin 2018 atau Olimpiade Pyeongchang. Panitia penyelenggara telah menerima beberapa email yang terinfeksi malware, yang diperkirakan bertujuan untuk mencuri kata sandi atau informasi keuangan.

Dilansir dari Phys, perusahaan keamanan McAfee mengatakan, beberapa organisasi yang terlibat di dalam olimpiade telah menerima email jahat tersebut. Kabaranya, asosiasi hoki es menjadi salah satu target utama kelompok peretas itu.

"Sebagian besar asosiasi yang terkait dengan olimpiade, baik penyedia infrastruktur maupun peran pendukung," ungkap McAfee.

"Penyerang tampaknya akan menghasilkan jaring luas dari kampanye ini," jelasnya.

Serangan pertama terjadi pada 22 Desember lalu. Email palsu menampilkan kegiatan Pusata Penanggulangan Terorisme Nasional Korea Selatan yang sedang melakukan latihan antiteror, dalam rangka persiapan olimpiade.

McAfee membenarkan email-email tersebut berasal dari sebuah IP di Singapura, dan menginstruksikan para pembacanya untuk membuka sebuah dokumen yang ditulis dalam bahasa Korea.

"Berdasarkan analisis kami, implan ini menciptakan saluran terenkripsi ke server penyerang, yang memungkinkan mereka menjalankan perintah di mesin korban, dan memasang malware tambahan," katanya.

TAGS : Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Hacker Peretasan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :