Kamis, 01/10/2020 15:00 WIB

Libur Panjang, Alasan Menhub Soal Kemacetan di Cikarut

Meningkatnya jumlah kendaraan hingga terjadinya kemacetan parah di Cikarut tujuan Bandung dan Cipali dinilai akibat libur hari raya Idul Fitri cukup panjang.

Tol Palimanan

Jakarta - Meningkatnya jumlah kendaraan hingga terjadinya kemacetan parah di Cikarut tujuan Bandung dan Cipali dinilai akibat libur hari raya Idul Fitri cukup panjang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, sebagian besar masyarakat lebih memilih melakukan perjalanan mudik setelah hari raya Idulfitri.

"Dugaan kami memang karena liburnya panjang, dari hari jumat sampai dengan hari jumat berikutnya satu minggu," kata Budi, di Kemenhub, Jakarta, Senin (26/6).

Bahkan, tidak menutup kemungkinan volume kendaraan akan terus bertambah. "Jadi mereka memilih tidak melakukan mudik pada hari H-3, H-2, H-1, atau sekarang," terangnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang, kata Budi, pihaknya bersama stakeholder telah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya dengan cara melakukan kontra flow.

"Artinya jalan menuju ke Cipali dari Jakarta itu akan ditambah dengan Kontra flow, kami harapkan itu akan menyerap arus lalu lintas dari Jakarta, Cikarut menuju ke Cipali," tegasnya.

TAGS : Idul Fitri Arus Mudik Arus Balik Menhub




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :