Minggu, 18/11/2018 00:02 WIB

Internasional

Ratusan Ribu Rakyat Somalia di Penghujung Kematian

Badan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta bantuan dan kerjas ama antar negara untuk mengatasi kelaparan di Somalia.

Anak yang menderita gizi buruk di Somalia (foto: Telegraph)

Somalia – Badan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta bantuan dan kerja sama antar negara untuk mengatasi kelaparan di Somalia. Meskipun pemerintah Inggris sudah mencanangkan konferensi khusus Somalia pada Mei mendatang, PBB mendesak sebuah upaya cepat.

“Tindakan yang kami butuhkan harus cepat dan segera, sebelum banyak orang mati kelaparan," kata perwakilan PBB untuk Somalia, Sir Nicholas Kay, Rabu (15/2) kepada AP.

Sir Nicholas Kay mengungkapkan ratusan ribu rakyat Somalia saat ini terancam kematian massal karena kelaparan yang melanda negara miskin tersebut. Kondisi ini juga makin diperparah dengan musim kemarau dan dampak El Nino. Lima juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan, menurut data PBB.

Selain kekurangan makanan, masalah gizi dan dan keamanan juga menjadi polemik di Somalia. Tercatat 300 ribu anak Somalia di bawah usia lima tahun menderita kekurangan gizi, dan di saat bersamaan perang masih berkecamuk.

TAGS : Kelaparan Somalia PBB




TERPOPULER :