Minggu, 31/05/2020 15:54 WIB

Kesehatan

Perempuan Ini Terkena Infeksi Berbahaya Karena Pembalut

Seorang mahasiswi asal Inggris, Phoebee Bambury, yang berusia 19 tahun didiagnosa terkena infeksi yang sangat langka, yakni TSS. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus masuk ke dalam jaringan tubuh dan melepaskan racun.

Phoebee Bambury Ketika Dirawat di Rumah Sakit Akibat Infeksi TSS (Foto: Mirror)

London - Seorang mahasiswi asal Inggris, Phoebee Bambury, yang berusia 19 tahun didiagnosa terkena infeksi yang sangat langka, yakni TSS. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus masuk ke dalam jaringan tubuh dan melepaskan racun dengan menyerang organ bagian dalam. Seperti dilansir Mirror, awalnya ia mengira rasa sakit yang dirasakan adalah akibat dari stres saat ujian, namun ternyata ia terkena infeksi yang dapat merenggut nyawanya hanya karena pembalut.

Mahasisiswi asal universitas Keele ini juga mulai merasa tidak enak badan ketika selesai mengerjakan ujiannya dan sedang berada di perpustakaan, "aku merasa sangat mengerikan, dan mulai muntah. Jadi aku memutuskan untuk kembali ke kamar asrama," katanya.

Ia kemudian memutuskan untuk tidak mempedulikan rasa sakitnya dan tetap pergi untuk merayakan ulang tahun kakeknya. Ketika pesta berakhir dia mulai merasakan demam, pada malam harinya ia menggigil dan semua ototnya terasa sakit.

"Saya merasa ada yang salah, saat itu saya sedang dalam masa haid, lalu saya mencoba mengecek bungkus pembalut dan menemukan ciri-ciri gejala TSS dan semuanya cocok," jelasnya.

Untuk itu Phoebee segera pergi ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Dia diperbolehkan pulang setelah 12 hari menjalani perawatan.

"Itu bisa menjadi lebih buruk, banyak orang kehilan,gan anggota badan bahkan meninggal karena infeksi ini," ungkapnya Phoebe berharap ia dapat cepat pulih, namun infeksi ini membuat kulit diseluruh tubuhnya mengering dan mengelupas. Ia menambahkan, "saran terbaik saya adalah jangan gunakan pembalut, tapi karena itu tidak mungkin, maka paling tidak ketahui gejala infeski TSS ini dan segeralah ke rumah sakit bila terkena penyakit ini."

Gejala TSS adalah suhu tubuh yang meningkat sampai 39 derajat celcius atau lebih. Gejala-gejala dari infeksi ini, seperti flu, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk, diare, kulit terasa terbakar, bibir dan lidah berubah warna menjadi merah terang, pusing dan pingsan.

 

 

TAGS : TSS Infeksi Kesehtan Wanita




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :