Selasa, 12/12/2017 22:58 WIB

Ilmuwan Tuna Wicara, Ini Fakta Mencengangkan Stephen Hawking

Hawking harus legowo setelah divonis penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yakni sejenis penyakit langka yang membuatnya mengalami kelumpuhan seumur hidup.

Stephen Hawking (foto: Techtimes)

JAKARTA - Fisikawan teoritis dan ilmuwan sains terkemuka di dunia, Stephen Hawking hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-75. Sebagai sosok yang dikenal cukup aktif melahirkan teori-teori sains dari kursi rodanya, berikut ini sepuluh fakta tentang Hawking.

  1. Kelahirannya 300 tahun setelah kematian Galileo

Stephen Hawking lahir 8 Januari 1942 di Oxford, dan dibesarkan di St Albans, sebagai anak tertua dari empat bersaudara. Ayahnya merupakan seorang ilmuwan biologi, dan sang ibu bekerja sebagai sekretaris penelitian medis. Kelahiran Hawking ternyata bertepatan dengan 300 tahun kematian sang pencetus teori Heliosentris, Galileo Galilei.

  1. Kuliah di usia 17 tahun

Pada 1959, Hawking berkuliah di Universitas College di Oxford pada usia 17 tahun. Meskipun saat itu Hawking ingin mendalami Matematika, namun sayang jurusan yang dimaksud belum didirikan. Akhirnya ia memilih Fisika dan memperoleh gelar kehormatan pertamanya di bidang ilmu pengetahuan alam, atas dedikasinya.

  1. Pemilik 12 gelar kehormatan

Hawking memiliki 12 gelar kehormatan, yang dianugerahi oleh CBE tahun 1982. Fisikawan ini juga menjadi bagian dari Fellow of Royal Society, dan anggota Akademi Nasional Ilmu Sains US.

  1. Lumpuh pada usia 21

Pada usia 21, Hawking harus legowo setelah divonis penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yakni sejenis penyakit langka yang membuatnya mengalami kelumpuhan seumur hidup.

  1. Menjadi ilmuwan tunawicara

Setelah didera kelumpuhan, Hawking kembali mendapatkan cobaan. Pada 1985, Hawking harus mendapatkan perawatan medis dengan penyakit pneumonia, dan membutuhkan trakeostomi (prosedur operasi dengan membuat lubang di leher untuk bernapas) yang menyebabkan kerusakan permanen pada pita suaranya. Seorang insinyur bernama David Mason kemudian membuat sebuah keyboard elektronik yang dirancang sebagai alat komunikasi Hawking, melalui gerakan tubuhnya, dan dikonversikan menjadi suara

  1. Cetuskan teori Lubang Hitam

Dikutip dari IBTimes, Hawking terkenal dengan kontribusinya di bidang kosmologi, yaitu teori relativitas umum dan gravitasi kuantum, serta yang paling fenomenal adalah teori lubang hitam.

  1. Bukunya terjual lebih dari 10 juta kopi

Buku Hawking yang berjudul “Sejarah Singkat Waktu” (A Brief History of Time) sukses menjadi bestseller, dan terjual lebih dari 10 juta kopi dalam 20 tahun. Bukunya menjadi daftar terlaris selama empat tahun di Sunday Times.

  1. Menikahi perawat pribadi sebagai istri

Setelah 25 tahun menikah dan memiliki tiga orang anak, Stephen Hawking dan istrinya, Jane Wilde, bercerai pada 1995. Hawking akhirnya menikahi perawatnya sendiri, Elaine Mason.

  1. Ikut menulis buku bersama sang anak

Bersama putrinya, Hawking menulis buku Goerge Secret Key to the Universe, yang menjadi buku ilmiah populer anak-anak yang diterbitkan tahun 2007. Buku ini terbit dalam tiga sekuel.

  1. Menerima penghargaan dari Presiden Obama

Pada tahun 2009, Hawking menerima penghargaan Presedential Medal of Freedom dari Presiden ‘Barrack’ Obama.

TAGS : Stephen Hawking Fisikawan Teori lubang hitam




TERPOPULER :