Senin, 19/11/2018 21:10 WIB

Tips Hemat Usai Liburan

Menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta adalah hal yang sangat menyenangkan di sela aktivitas yang padat sehari-hari. Namun tentu tak sedikit pengeluaran yang Anda habiskan untuk yang satu ini.

Ilustrasi liburan

Bandung – Menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta adalah hal yang sangat menyenangkan di sela-sela aktivitas yang padat sehari-hari. Namun tentu tak sedikit pengeluaran yang Anda habiskan untuk yang satu ini.

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan agar setelah melakukan liburan panjang seperti sekarang ini tidak kehabisan uang?

Menurut praktisi perencanaan keuangan, Diana Sandjaja, sebelum melakukan perjalanan ada baiknya Anda membuat anggaran. Hal ini berguna agar Anda dapat mengetahui sumber dana yang akan digunakan, berapa jumlahnya, dan untuk apa saja.

“Untuk sumber dana perjalanan bisa berasal dari anggaran yang telah disisihkan sebelum liburan dilakukan,” ujarnya.

Menurut Diana yang juga mantan guru SMA ini, selain menyiapkan anggaran dari jauh-jauh hari atau menyicil dari pendapatan bulanan. Dia juga menyarankan untuk memasukan biaya tak terduga untuk berjaga-jaga jika anggaran yang dibuat meleset.

“Bila terpaksa dan urgent, kita bisa menggunakan sebagian dana darurat untuk menambal anggaran tersebut, tapi bukan berarti membiayai sepenuhnya,” kata Diana. 

 

 

TAGS : Hemat Kelola Anggaran Liburan Keluarga




TERPOPULER :