Kamis, 21/01/2021 05:35 WIB

Berapa Biaya Polri untuk Amankan Demo Tuntut Ahok?

Berapa sebetulnya biaya pengamanan yang dipakai Polri saat mengamankan aksi demo yang menuntut kasus Ahok?

Raker Komisi III DPR dengan Kapolri

Jakarta - Aparat kepolisian mendapat pujian terkait pengamanan aksi damai umat muslim pada 2 Desember (212) 2016 yang lalu oleh Komisi III DPR. Dimana, aksi damai 212 itu dapat berjalan dengan tertib dan aman. Lalu berapa sebetulnya biaya pengamanan dalam aksi tersebut?

Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid‎ mempertanyakan, jumlah anggaran yang dipakai Polri dalam pengamanan sejumlah demo besar sebulan terakhir. Sebab, setiap anggota yang dikerahkan dalam pengamanan demo tentu diberi fasilitas.

‎"Dalam sebulan terakhir lebih dari tujuh kali aksi demo. Sebenarnya, setiap aksi demo sebesar itu Polri menghabiskan biaya berapa?‎" kata Jazilul, dalam rapat kerja dengan Kapolri, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/11).

Menurutnya, publik perlu tahu bahwa anggaran yang dipakai Polri dalam setiap pengamanan aksi demo adalah dari APBN yang juga uang dari rakyat.

‎"Sebetulnya berapa fasilitas yang dikasih bagi anggota polri dalam pengamanan ini. Agar publik tahu bahwa setiap pengamanan itu membutuhkan biaya yang cukup besar‎," tegas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Diketahui, Polri mengerahkan puluhan ribu pasukan dalam pengamanan aksi demo bela Islam untuk menuntut keadilan hukum atas kasus dugaan penistaan agama oleh Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Bahkan, Polri kerahkan pasukan dari sejumlah daerah.

TAGS : Anggaran Polri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :