Sabtu, 16/10/2021 04:07 WIB

Bupati Jember Terima Honor Pemakaman Pasien Covid-19

Honor yang diterima masing-masing pejabat sekitar Rp 70 juta dari 705 kali pemakaman warga Jember yang meninggal akibat Covid-19.

Foto: Illustrasi (Seorang pekerja pemakaman yang mengenakan pakaian pelindung bersandar di peti mati untuk korban COVID-19)

Jakarta, Jurnas.com - Bupati Jember Hendy Siswanto dan tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, yakni sekretaris daerah dan dua pejabat BPBD dikabarkan menerima honor karena masuk dalam tim pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Honor yang diterima masing-masing pejabat sekitar Rp 70 juta dari 705 kali pemakaman warga Jember yang meninggal akibat Covid-19 pada Juni 2021. Jumlah honorarium keempat pejabat mencapai Rp 282 juta.

"Memang benar saya menerima honor sebagai pengarah tim pemakaman, karena pada regulasi yang ada, ada pengarah, tim, ketua, dan anggota terkait monitoring dan evaluasi," kata Hendy saat dikonfirmasi, Jumat (27/8).

Hendy mengatakan, dari setiap pasien Covid-19 yang meninggal, ada honor Rp 100.000. Namun, honor tersebut tidak dipakai untuk kepentingan pribadi.

"Saya memang menerima dan terus terang itu sesuai regulasi yang ada. Honor itu saya berikan kepada keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Pada Juni-Juli 2021 tercatat pemakaman warga yang meninggal akibat Covid-19 cukup tinggi, sehingga honor kegiatan pemakaman terlihat banyak," katanya.

Sementara itu, anggota panitia khusus (pansus) Covid-19 Jember, Hadi Supaat sangat menyayangkan adanya hibir pemakaman yang diberikan kepada pejabat di Pemkab Jember.

Menurutnya para pejabat tidak etis menerima honor di tengah penderitaan masyarakat, apalagi honor tersebut berasal dari kegiatan pemakaman pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Jember.

"Kami tidak pernah mendapatkan data surat keputusan (SK) terkait struktur petugas pemakaman Covid-19, tetapi memang benar ada honor untuk petugas relawan yang membantu pemakaman Covid-19," tuturnya.

TAGS : Bupati Jember Hendy siswanto Covid-19 meninggal dunia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :