Sabtu, 13/08/2022 19:43 WIB

PBB Prihatin Ekspansi ISIS ke Wilayah Afrika

Anggota Dewan Keamanan PBB prihatin atas ekspansi yang mengkhawatirkan dari kelomok Daesh/ISIS di banyak wilayah, termasuk Afrika.

Kelompok ISIS

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Dewan Keamanan PBB prihatin atas ekspansi yang mengkhawatirkan dari kelomok Daesh/ISIS di banyak wilayah, termasuk Afrika.

Kelompok teroris telah menyebar "dari Mali ke Burkina Faso dan Niger, dengan serangan dari Nigeria ke Niger, Chad dan Kamerun, dan serangan dari Mozambik ke Tanzania, Vladimir Voronkov, Wakil Sekretaris Jenderal Kantor Penanggulangan Terorisme PBB (UNOCT) ), dilaporkan.

Tim PBB mengutip dan menyesalkan serangan lanjutan terhadap warga sipil, kota dan kamp militer oleh afiliasi regional Daesh/ISIS seperti Negara Islam di Provinsi Afrika Barat (ISWAP), Negara Islam di Sahara Besar (ISGS) dan Negara Islam di Provinsi Afrika Tengah (ISCAP).

Mereka juga menyatakan keprihatinan tentang kehadiran dan ancaman Negara Islam Irak dan Syam - Khorasan (ISIL-K).

"Peningkatan pengaruh di benua Afrika ini "dapat memiliki implikasi yang luas bagi perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan," kata Dewan.

Ini menyerukan "tanggapan global" yang mendesak untuk mendukung upaya negara-negara Afrika dan organisasi regional untuk memerangi terorisme.

Voronkov mengatakan bahwa secara global, ancaman yang ditimbulkan oleh Daesh/ISIS terhadap perdamaian dan keamanan internasional tetap signifikan dan konstan selama enam bulan terakhir, meningkatkan kekhawatiran internasional yang serius.

Ini melalui eksploitasi "gangguan, keluhan, dan kemunduran pembangunan yang disebabkan oleh pandemi [coronavirus] untuk berkumpul kembali, merekrut pengikut baru, dan mengintensifkan aktivitasnya baik online maupun di lapangan," tambahnya. (AA).

TAGS : Ekspansi ISIS Lembaga PBB Wilayah Afrika




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :