Jum'at, 17/05/2024 10:31 WIB

BKKBN Klaim Masih Banyak Ibu Hamil yang Ragu Divaksin

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo sebut masih banyak ibu hamil yang meras ragu untuk divaksinasi. (Foto: Humas BKKBN)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, masih banyak ibu hamil yang merasa ragu untuk melakukan vaksin.

"Masih banyak ibu hamil yang merasa ragu untuk melakukan vaksin. Padahal Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan edaran dan  Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) sudah memberikan rekomendasi yakni vaksin COVID-19 bisa diberikan pada ibu hamil pada usia kehamilan 12 sampai 33 minggu," kata Hasto pada saat kick off Sentra Vaksinasi Bagi Ibu Hamil di Ballroom Kantor Pusat BKKBN, Jakarta, Selasa, (17/8).

Kick Off Sentra Vaksinasi Bagi Ibu Hamil yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76, merupakan kerja sama BKKBN dengan PT Kalbe Farma, Kompas Gramedia, IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dan POGI dalam kesempatan tersebut dilakukan vaksinasi pada 80 ibu hamil.

"Hari ini adalah launching yang pertama dan nantinya akan dilaksanakan di 33 Provinsi. Menurutnya Kemenkes dan BKKBN juga sudah melatih bidan untuk menjadi vaksinator, jumlah yang dilatih sekitar 50 ribu orang. Dengan harapan nantinya mereka bisa melakukan vaksinasi diseluruh Indonesia," kata Hasto.

"Untuk vaksinasi ibu hamil dan menyusui BKKBN bekerjasama dengan IBI dan POGI, sehingga lebih baik yang menyuntik vaksin adalah bidan dan setelahnya diawasi oleh bidan itu sendiri," tambahnya.

BKKBN menjadi salah satu lembaga yang diberikan tugas Presiden untuk melakukan percepatan vaksinasi khususnya bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-17 tahun melalui program vaksinasi keluarga yang dilaunching bersamaan dengan momentum peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28 pada bulan Juni lalu.

Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius menyampaikan, sentra vaksinasi bagi ibu hamil  sebagai upaya kita meningkatkan kesehatan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik. "Terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi bersama BKKBN dan juga Kompas Gramedia," ujarnya.

Sementara itu Ketua POGI Dokter Ari kusuma Danuarto menambahkan, "selama pandemi kita sudah bekerja namun mungkin belum bekerja sama maka momentum hari ini adalah saat yang baik untuk berkolaborasi. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan covid yang saat ini ibu hamil juga banyak yang terpapar dan korbannya tidak sedikit."

KEYWORD :

BKKBN Ibu Hamil Vaksinasi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :