Senin, 13/05/2024 04:17 WIB

Meutia: Bung Hatta Ingin Rakyat Punya Kemandirian Ekonomi

Meningkatkan Kemakmuran di Tanah Sendiri

Meutia Hatta, Putri Bung Hatta

Jakarta, Jurnas.com - Putri Proklamator RI, Mohammad Hatta, Meutia Farida Hatta mengatakan cita-cita Bung Karno dan Bung Hatta adalah untuk melepaskan diri dari penjajahan.

"Karena itu, berjuang untuk mencapai kemerdekaan adalah berjuang untuk mencapai kemandirian nasional," kata Meutia Hatta pada peringatan HUT ke-119 Proklamator RI Mohammad Hatta yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDI Perjuangan secara virtual melalui akun @bknp pdiperjuangan di YouTube, Kamis (12/8/2021).

Acara itu dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto. Hadir juga di acara itu sejumlah Ketua DPP PDIP diantaranya Ahmad Basarah dan Tri Rismaharini, serta jajaran BKNP yang dipimpin ketuanya Aria Bima. Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rano Karno dan Paryono, turut hadir di acara itu, bersama ratusan kader partai dari seluruh Indonesia.

Merdeka, tegas Meutia, berarti tidak lagi bergantung pada penjajah kolonial. Maka Bung Hatta dan Bung Karno sering menyebutnya dengan tidak ketergantungan pada bangsa lain.

Menurut Meutia, kunci dari kemandirian adalah kesadaran rakyat akan harga diri dan kedaulatan terlepas dari penjajahan bangsa lain. Karena itu, Bung Hatta menyarankan rakyat untuk menabung. Bahkan meminta Menteri Keuangan Syafrin Prawiranegara untuk mengeluarkan obligasi yang disebut pinjaman nasional pada 1950.

"Jadi Bung Hatta tidak mau menganjurkan negara berutang pada luar negeri. Jadi ini semua soal kemandirian," ungkap Meutia.

Dia menuturkan, Bung Hatta selalu menekankan pemberdayaan ekonomi rakyat, ini artinya memandirikan rakyat untuk hajat hidup orang banyak, ekonomi rakyat meningkatkan tulang punggung ekonomi nasional karena rakyat kita memproduksi kebutuhan pokok rakyatnya sendiri.

"Bung Hatta berulang kali mengatakan, bahwa kita harus memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Jadi lagi-lagi kemandirian memenuhi sendiri kebutuhan dalam negeri. Jadi titik tolaknya adalah kita jangan mengekspor barang mentah, tapi ekspor harus hasil jadi yang kita olah dulu, supaya ada pekerjaan, ada uang, pemasukan, lalu mereka punya daya beli," jelas Meutia.

"Dengan meningkatkan produktivitas rakyat di atas tanah" rakyat, maka perekonomian rakyat akan berkembang dan meningkatkan kemakmuran rakyat. Kalau ekonomi rakyat berjalan, dan koperasi juga disitu, dibangun untuk melaksanakan apa yang berkembang di ekonomi rakyat, saya kira ini bisa maju. Koperasi itu kan usaha bersama untuk menolong diri sendiri secara bersama-sama," tandas Meutia Hatta. 

KEYWORD :

Meutia Farida Hatta Bung Karno Bung Hatta kemandirian ekonomi HUT ke-199




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :