Sabtu, 20/04/2024 15:59 WIB

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Luncurkan Fitur Museum `Microsite`

Fitur yang terdapat pada microsite museum, antara lain informasi umum tentang museum, berita dan artikel terkini dari museum, agenda kegiatan museum, jelajah museum, tiket dan informasi museum, serta peta lokasi.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI, Iwan Henry Wardhana. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Kebudayaan, meluncurkan fitur microsite museum. Microsite ini digunakan sebagai kanal informasi Pemprov DKI Jakarta, khususnya dalam bidang kesenian, kebudayaan, permuseuman dan cagar budaya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan DKI, Iwan Henry Wardhana, Sabtu (31/7).

Iwan memaparkan, saat ini ada delapan museum yang telah memiliki microsite, yakni Museum Sejarah Jakarta, Museum MH. Thamrin, Museum Joang’45, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Tekstil, Museum Wayang, dan Museum Bahari.

Menurut Iwan, microsite sekarang sedang dipersiapkan untuk objek budaya lainnya seperti Taman Ismail Marzuki, Pulau Onrust dan Cipir, Situs Marunda, Taman Benyamin Sueb, Setu Babakan dan website untuk wisata religi seperti Masjid Luar Batang.

“Dinas Kebudayaan akan terus meningkatkan pelayanan informasi publik yang terintegrasi dengan teknologi. Salah satunya adalah melalui microsite museum ini," ujar Iwan.

Adapun fitur yang terdapat pada microsite museum, antara lain informasi umum tentang museum, berita dan artikel terkini dari museum, agenda kegiatan museum, jelajah museum, tiket dan informasi museum, serta peta lokasi.

Selain itu, layanan ini juga telah terintegrasi dengan akun media sosial masing-masing museum, sehingga memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola museum.

“Tujuan dari pembuatan microsite ini untuk memberikan layanan informasi, edukasi dan sekaligus mempromosikan museum-museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Harapannya, agar masyarakat tetap dapat menikmati layanan museum secara virtual terutama pada masa pandemi COVID-19 ini,” ucap Iwan.

Selain microsite museum, jelas Iwan, pihaknya juga menyediakan menu kolom artikel untuk Suku Dinas Kebudayaan. Sehingga masyarakat dapat mengakses informasi, khususnya kegiatan dari Suku Dinas Kebudayaan di masing-masing wilayah. Dengan demikian, publik dapat memperoleh informasi yang lebih luas dari website Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

KEYWORD :

DKI Jakarta Museum Microsite Iwan Henry Wardhana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :