Sabtu, 20/04/2024 05:04 WIB

Tekan Penyebaran Varian Delta, Kota Brisbane Terbesar Ketiga di Australia Lockdown

Enam kasus baru dilaporkan pada Sabtu sehubungan dengan varian Delta, yang awalnya terkait dengan seorang siswa sekolah, yang mengakibatkan siswa dan guru di dua sekolah diisolasi.

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

Brisbane, Jurnas.com - Brisbane, kota terbesar ketiga di Australia dan sejumlah kota lain di negara bagian Queensland akan melakukan penguncian (lockdown) mulai Sabtu (31/7). Hal itu dilakukan untuk menahan laju penyebaran Covid-19 dari varian Delta.

Wakil Perdana Menteri Negara Bagian Queensland, Steven Miles mengatakan, jutaan penduduk di kota dan beberapa daerah lain diharuskan di rumah mulai Sabtu sore selama tiga hari.

"Satu-satunya cara untuk mengalahkan rantai penyebaran Delta adalah bergerak cepat,  menjadi cepat, dan menjadi kuat," kata Miles, seperti disadur dari AFP.

Enam kasus baru dilaporkan pada Sabtu sehubungan dengan varian Delta, yang awalnya terkait dengan seorang siswa sekolah, yang mengakibatkan siswa dan guru di dua sekolah diisolasi.

Pengurutan genom menghubungkan klaster dengan pelancong luar negeri yang kembali ke karantina hotel tetapi sumber penularan yang tepat masih belum jelas, kata Kepala Petugas Kesehatan Jeannette Young.

Dalam penguncian paling ketat yang diberlakukan kota itu, penduduk hanya akan diizinkan meninggalkan rumah mereka untuk alasan penting, termasuk membeli bahan makanan dan berolahraga.

Penguncian cepat Brisbane terjadi ketika kota Sydney terbesar di Australia dan sekitarnya menyelesaikan penguncian minggu kelima dengan pihak berwenang berjuang untuk menghentikan penyebaran wabah varian Delta.

"Kita tidak boleh berpuas diri hanya karena sejauh ini kita telah melakukannya dengan baik. Kita semua harus mematuhi pembatasan ini," kata Miles.

Sydney mencatat 210 kasus lokal baru pada Sabtu, sedikit turun dari jumlah rekor yang dicapai awal pekan ini.

Polisi dikerahkan di sekitar kota, berusaha mencegah pengunjuk rasa anti-lockdown berkumpul setelah ribuan orang turun ke jalan dan memicu bentrokan dengan petugas pekan lalu.

Dengan hampir hanya 14 persen dari populasi yang divaksinasi penuh, pihak berwenang di seluruh negeri terus mengandalkan penguncian untuk mengurangi pergerakan orang dan memperlambat penyebaran virus.

Pada hari Jumat, Perdana Menteri negara itu Scott Morrison menguraikan jalan panjang keluar dari pembatasan - menetapkan target 80 persen dari populasi untuk divaksinasi sepenuhnya sebelum pemerintah membuka kembali perbatasan dan mengakhiri penguncian.

KEYWORD :

Australia Pandemi COVID-19 Brisbane Varian Delta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :