Rabu, 22/09/2021 03:13 WIB

Dianggap Provokatif, Miliarder China Dihukum 18 Tahun Penjara

Dia dinyatakan bersalah karena menimbulkan pertengkaran dan memprovokasi masalah, tuduhan yang kerap kali digunakan untuk membungkam aktivis.

Miliarder China, Sun Dawu (Foto: BBC)

Beijing, Jurnas.com - Miliarder China terkemuka, Sun Dawu dijatuhi hukuman 18 tahun penjara. Sun merupakan salah satu pebisnis pertanian swasta terbesar di Negeri Tirai Bambu.

Dikutip dari BBC pada Kamis (29/7), pria 67 tahun itu sebelumnya lantang menyuarakan hak asasi manusia dan topik sensitif secara politik.

Dia dinyatakan bersalah karena menimbulkan pertengkaran dan memprovokasi masalah, tuduhan yang kerap kali digunakan untuk membungkam aktivis.

Tuduhan lain ialah menduduki lahan pertanian secara ilegal, mengumpulkan massa untuk menyerang lembaga negara, dan menghalangi pegawai pemerintah melakukan tugas. Sebagai pelengkap, Sun didenda 3,11 juta yuan.

Perusahaan Sun adalah salah satu yang terbesar di China, dengan bisnis mulai dari pemrosesan daging dan makanan hewan peliharaan hingga sekolah dan rumah sakit.

Dia ditahan tahun lalu, bersama dengan 20 kerabat dan rekan bisnis, atas sengketa tanah dengan pertanian yang dikelola pemerintah.

Pada saat itu, dia mengatakan puluhan karyawannya terluka dalam insiden dengan polisi terkait perselisihan tersebut, menurut laporan AFP.

Sun dikatakan dekat dengan beberapa pembangkang politik China terkemuka, dan di masa lalu mengkritik kebijakan pedesaan pemerintah.

Dia juga salah satu dari sedikit orang yang secara terbuka menuduh pemerintah menutupi wabah flu babi Afrika, yang mempengaruhi peternakannya pada 2019, dan kemudian menghancurkan sebagian besar industri negara itu.

"Cara mereka menyelidiki saya sekarang membuat orang-orang yang dekat dengan kita menderita dan mereka yang membenci kita bersukacita. Saya ingin mengambil tuntutan atas diri saya sendiri, bahkan jika itu berat, dengan imbalan pembebasan orang lain. Kami adalah orang-orang. yang telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat," ujar Sun dalam kesempatan berbeda.

China diketahui sedang gencar menindak pebisnis dan pengusaha di negara itu. Perusahaan teknologi besar termasuk Alibaba, Didi dan Tencent sedang diselidiki untuk berbagai masalah peraturan.

TAGS : Kasus Provokasi China Miliarder Sun Dawu




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :