Jum'at, 26/04/2024 13:16 WIB

Legislator NasDem Pertanyakan Nasib Kelulusan Seorang Calon Bintara Polri Asal Minsel

Orang tua sudah ibadah syukuran atas kelulusan anak mereka, tapi kok bisa dibatalkan. 

Seleksi Calon Bintara Polri (foto ilustrasi, manado-tribun)

Jakarta - Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara, Hillary Brigitta Lasut, SH, L.L.M angkat bicara soal nasib kelulusan Rafael Malalangi sebagai calon Bintara Polri tahun 2021.

Dengan tegas dia mempertanyakan proses dan prosedur pengumuman kelulusan tersebut, hingga bisa nama orang yang sudah dinyatakan lulus tergantikan dengan nama calon yang lain.

“Kok bisa ya, sudah diumumkan secara virtual dan lulus seleksi secara nasional, namun beberapa hari kemudian dinyatakan tidak lulus melalui surat. Ini ada apa?” terang Hillary mempertanyakan.

Terkait hal tersebut, anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem ini menyurati Presiden dan Kapolri untuk mempertanyakan nasib Calon Bintara Polri 2021 Rafael Malalangi yang sudah diumumkan lulus, tapi kemudian dinyatakan tidak lulus.

“Mengapa terjadi seperti ini. Apakah ini ada permainan orang dalam atau gimana? Yang pasti saya akan mempertayakan ini langsung melalui surat kepada Presiden dan Kapolri. Kok bisa jadi begini,” tegasnya.

Hillary Lasut membeberkan, Rafael Malalangi yang asal pendaftarannya di Polres Minahasa Selatan (Minsel) adalah salah satu calon Bintara Polri tahun 2021 yang lulus seleksi secara Nasional dan sudah diumumkan secara virtual oleh panitia.

Mendengar hal ini, lanjut Hillary, kedua orang tuanya pun langsung bersyukur dan mengadakan ibadah syukuran atas kelulusan anak mereka.

Tapi suasana kegembiraan itu buyar setelah beberapa hari kemudian muncul surat dari Polda Sulawesi Utara yang menyatakan kalau Rafael Malalangi tidak lulus.

Sontak saja hal ini membuat kedua orang tuanya mempertanyakan keabsahan surat tersebut kepada pihak berkompoten. Namun tetap saja upaya kedua orang tua sia-sia. Sehingga, mereka pun mengungkapkan aspirasi mereka ini melalui anggota DPR RI. Dan selaku wakil rakyat yang ada di DPR RI, Hillary Brigitta Lasut, SH, L.L.M pun segera mempertanyakan kejadian yang sungguh sangat tidak masuk diakal ini.

Selain akan menghubungi langsung Kapolri, HBL singkatan nama Hillary Brigitta Lasut juga akan mengirim surat langsung kepada Presiden untuk mempertanyakan nasib Rafael Malalangi yang seolah -olah dipermainkan oleh institusi Polri dalam perekrutan anggota Polri tahun 2021 ini.

“Ini nasib orang, orantuanya dan keluarga sudah melakukan acara syukuran karena memang sudah dinyatakan lulus secara nasional. Mengapa harus berubah? Dan ironisnya poisisi Rafael sudah tergantikan oleh nama orang lain. Mengapa ini harus terjadi di era keterbukaan informasi sekarang. Saya akan berusaha masalah ini tuntas tanpa ada yang dikecawakan,” tegas Hillary sapaan akrab Anggota DPR RI millenial ini.

KEYWORD :

Hillary Brigitta Lasut NasDem DPR Calon Bintara Polri Rafael Malalangi Minahasa Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :