Jum'at, 19/04/2024 07:23 WIB

Gereja Oikumene Dibom, Ancaman Radikalisme Agama

Insiden bom di Gereja Oikumene Samarinda sebagai bukti bahwa bahaya radikalisme agama.

Gereja Oikumene Dibom

Jakarta - Insiden bom di Gereja Oikumene Samarinda sebagai bukti bahwa bahaya radikalisme agama yang merupakan trend global sudah menjadi ancaman serius bagi Indonesia.

‎Koordinator Kaukus Pancasila, Eva Kusuma Sundari mengatakan, pihaknya amat menyesalkan dan mengutuk kejadian bom Gereja Oikumene Samarinda, apalagi korbannya didominasi oleh anak-anak.

"Kejadian ini juga membuka mata kita bahwa BNPT perlu memperbaiki program deradikalisasinya karena pelaku adalah eks napi teroris yang merupakan jaringan kelompok radikal yang terlibat pada kasus bom buku tahun 2011," kata Eva, ‎Jakarta, Minggu (13/11).

Menurutnya, insiden ini memunculkan dugaan terkait tidak saja adanya kekurang efektifan program pembinaan dalam lapas, tetapi juga ada  kelemahan dalam program pemantauan terhadap mantan napi teroris pasca dibebaskan.

"Harusnya pelaku penyerangan di Gereja Oikumene, Samarinda ini diawasi lebih ketat dikarenakan ia pernah diketahui membawa bendera ISIS di Parepare pada tahun 2014 dan sempat ditahan oleh kepolisian," terangnya.

Kata Eva, evaluasi mendalam dan menyeluruh terhadap program deradikalisasi selama ini perlu dilakukan sehingga dapat menjadi masukan bagi program pencegahan terorisme yang efektif sesuai konteks saat ini.

"Salah satu strategi BNPT untuk memperbaiki program deradikalisasi adalah dengan membangun early warning system terhadap gejala intoleransi terhadap kelompok primordial tertentu. BNPT kemudian dapat mensosialisasikan secara luas sehingga masyarakat bisa aktif untuk menjadi bagian dalam mekanisme pencegahan terorisme," jelasnya.

KEYWORD :

Gereja Oikumene Gereja Dibom Samarinda Terorisme




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :