Sabtu, 27/04/2024 04:45 WIB

Krisis Turki

168 Perwira dan 123 Bintara Diberhentikan Sementara

Mereka juga memberhentikan penuh 15 orang perwira dan empat orang bintara dari dalam badan angkatan laut

Turki - Pemerintah Turki terus melancarkan pembersihan di sejumlah lembaga negara, dan para petinggi tentara. Saat ini, 168 orang perwira dan 123 orang bintara dari angkatan laut diberhentikan sementara  atas dugaan keterlibatan  dengan sebuah usaha kudeta Juli lalu.

Mereka juga memberhentikan penuh 15 orang perwira dan empat orang bintara dari dalam badan angkatan laut. Sejak usaha kudeta itu gagal, lebih dari 110.000 orang hakim, pengajar, aparat polisi dan pegawai negeri sipil telah diberhentikan sementara atau penuh.

Bahkan sebanyak  36.000 orang lainnya secara resmi telah ditahan dalam sebuah tindakan keras, yang disebut sebagai aksi untuk menyingkirkan pihak oposisi oleh mereka yang mengkritik Presiden Tayyip Erdogan.

Pada Sabtu malam, sebuah pengadilan di Istanbul secara resmi menahan kepala surat kabar oposisiCumhuriyet di bandara utama Istanbul pada Jumat, beberapa hari setelah sembilan orang eksekutif dan jurnalisnya secara resmi ditahan.

Turki juga telah menutup lebih dari 130 kantor media sejak Juli lalu, memicu kekhawatiran di antara para sekutu Barat mereka terkait berkurangnya kebebasan pers, demikian Reuters melaporkan.

KEYWORD :

Krisis Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :