Selasa, 05/07/2022 16:31 WIB

Pabrik Kimia di Jerman Meledak, Dua Orang Tewas dan 16 Cedera

Ledakan itu mendorong aplikasi peringatan NINA Jerman untuk mengirim peringatan bahaya ekstrim kepada penduduk, memberitahu mereka untuk menutup pintu dan jendela dan menyimpan nomor darurat sebanyak mungkin.

Polisi mendesak penduduk setempat untuk menutup jendela dan pintu mereka dan menghindari penggunaan nomor telepon darurat jika memungkinkan AFP/Roberto Pfeil

Leverkusen, Jurnas.com - Dua orang tewas dan 16 orang luka-luka akibat ledakan di kompleks pabrik kimia bernama Chempark di Leverkusen, Jerman, Selasa (27/6). Akibat ledakan itu, penduduk diminta tetap berada di dalam rumah karena asap hitam mengepul dari daerah tersebut.

Operator Chempark, Currenta mengatakan, ledakan itu terjadi sekitar pukul 07.40 GMT tanpa diketahui penyebabnya. Setidaknya dua dari yang terluka berada dalam kondisi serius, dan empat pekerja hilang.

Ledakan itu mendorong aplikasi peringatan NINA Jerman untuk mengirim peringatan bahaya ekstrim kepada penduduk, memberitahu mereka untuk menutup pintu dan jendela dan menyimpan nomor darurat sebanyak mungkin.

Currenta mengatakan, insiden itu terjadi di TPA Chempark dan area pembakaran sampah di distrik Buerrig Leverkusen. Area ini terpisah dari kawasan industri utama yang menampung banyak perusahaan kimia termasuk Bayer, Lanxess dan Evonik Industries.

"Kami sangat sedih dengan kecelakaan tragis ini dan kematian seorang karyawan," kata Currenta dalam sebuah pernyataan, menambahkan, upaya penyelamatan berlanjut dengan kecepatan penuh untuk menemukan empat karyawan yang hilang.

Kota Leverkusen mengatakan di Facebook bahwa ledakan itu memicu kebakaran di tangki penyimpanan pelarut yang membutuhkan waktu beberapa jam untuk dipadamkan, dengan petugas pemadam kebakaran dari Cologne terdekat dipanggil untuk membantu upaya tersebut.

Sejumlah besar polisi, petugas pemadam kebakaran, dan kru penyelamat dikerahkan ke tempat kejadian, serta pakar pendeteksi polusi di tengah kekhawatiran bahwa asap yang berasal dari lokasi dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Polisi di Cologne mentweet telah menutup beberapa jalan raya di daerah itu karena kerusakan besar. Mereka mendesak pengemudi untuk menjauh dan mengulangi pesan bahwa penduduk harus pindah ke dalam rumah dan menutup semua jendela dan pintu sebagai tindakan pencegahan.

Penduduk setempat membagikan gambar di media sosial tentang awan hitam yang naik ke udara, dengan beberapa mengatakan jendela mereka bergetar oleh kekuatan ledakan.

Leverkusen, di tepi timur sungai Rhine, terletak sekitar 20 kilometer (12 mil) utara Cologne di negara bagian barat Rhine-Westphalia Utara. Ini memiliki populasi lebih dari 160.000 orang.

Menurut Currenta, kompleks kimia Chempark adalah salah satu yang terbesar di Eropa. Lebih dari 70 perusahaan berbasis di tiga lokasi di Leverkusen, Dormagen dan Krefeld-Uerdingen. (AFP)

TAGS : Pabrik Kimia Jerman Kebakaran Pabrik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :