Sabtu, 13/08/2022 18:51 WIB

Israel Sita Peralatan Listrik yang Didanai Uni Eropa di Tepi Barat

Pasukan pendudukan Israel menyita peralatan dan kabel yang didanai oleh Uni Eropa (UE) untuk pembangunan kembali jaringan listrik di desa Khirbet Al-Simiya, 

Seorang pekerja di lokasi pembangkit listrik dekat kota Jenin di Tepi Barat pada 10 Juli 2017 [JAAFAR ASHTIYEH/AFP

Jakarta, Jurnas.com - Pasukan pendudukan Israel menyita peralatan dan kabel yang didanai oleh Uni Eropa (UE) untuk pembangunan kembali jaringan listrik di desa Khirbet Al-Simiya, barat laut kota Al-Samou di selatan Hebron yang diduduki.

Walikota Al-Samou, Hatem Mahareeq, mengatakan bahwa tentara Israel menghentikan staf dari kotamadyanya yang sedang mengerjakan regenerasi jaringan listrik dan menyita peralatan mereka untuk mencegah teknisi melanjutkan pekerjaan mereka.

Mahareeq mengatakan proyek tersebut didanai oleh pemerintah Denmark melalui UE dengan total biaya $100.000 sebagai bagian dari proyek yang dimaksudkan untuk mengembangkan `Area C` Tepi Barat yang diduduki, yang berada di bawah kendali penuh militer dan administratif Israel.

Dia melanjutkan untuk meminta intervensi internasional agar Israel mengembalikan peralatan dan memungkinkan kelanjutan proyek yang menyediakan listrik untuk sekitar 2.500 orang di daerah tersebut.

Warga Palestina di daerah itu hampir tidak pernah menerima izin bangunan yang diperlukan untuk merenovasi, memperluas, atau membangun rumah atau jaringan listrik baru untuk keluarga mereka. 

Sementara itu, Israel terus memperluas pemukiman ilegal dalam upaya untuk mengusir warga Palestina, kelompok hak asasi manusia telah memperingatkan. (Middleeast)

TAGS : Pasukan Israel Jaringan Listrik Tepi Barat Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :