Rabu, 22/09/2021 03:38 WIB

Ilmuwan Ubah CO2 Jadi Bahan Bakar Pesawat Jet

Idenya adalah bahwa ini dapat membantu menangkap dan menghilangkan CO2 yang berlebihan dari lingkungan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.

Gambar menunjukkan dua jet Eurofighter Jerman. (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Pesawat menggunakan banyak bahan bakar untuk menggerakkan diri mereka sendiri, dan pada gilirannya bahan bakar yang mereka gunakan dibakar dan CO2 dilepaskan, yang telah berkontribusi pada perubahan iklim.

Perusahaan penerbangan telah mencoba untuk mengimbangi ini dengan menanam lebih banyak pohon atau mendirikan ladang angin, tetapi apakah itu cukup? Mungkinkah ada cara yang lebih baik untuk mendekati masalah ini?

Menurut tim ilmuwan di Universitas Oxford, mungkin ada. Hal ini karena melalui proses eksperimen, tim ilmuwan telah berhasil mengambil CO2, juga dikenal sebagai karbon dioksida, dan mengubahnya menjadi bahan bakar jet. Ini berkat penggunaan reaksi kimia berbasis besi yang berpotensi menghasilkan "nol bersih emisi dari pesawat terbang.

Namun, perlu dicatat bahwa percobaan dilakukan di laboratorium, yang berarti bahwa cara kerjanya dalam skala yang lebih besar masih harus dilihat, tetapi para ilmuwan yang merancang prosesnya berharap tentang penemuan mereka.

Idenya adalah bahwa ini dapat membantu menangkap dan menghilangkan CO2 yang berlebihan dari lingkungan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.

Ini juga akan menjadi alternatif yang lebih murah untuk hidrogenisasi, yang mengambil hidrogen dan air dan mengubahnya menjadi bahan bakar.

Harapannya adalah proses ini dapat ditingkatkan dari memproduksi bahan bakar dalam jumlah sangat kecil di laboratorium ke pabrik yang lebih besar. (Ubergizmo).

TAGS : Karbon Dioksida Bahan Bakar Pesawat Jet




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :