Rabu, 22/09/2021 07:01 WIB

Soal Vaksinasi COVID-19, Fauci: Kita Menuju ke Arah yang Salah

Banyak orang rentan di seluruh Amerika Serikat (AS) namun belum divaksinasi dan merekalah yang memacu peningkatan kasus COVID-19

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci berbicara selama dengar pendapat Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun Senat di Washington, DC, pada 30 Juni 2020. (Foto: Al Drago / Pool via REUTERS)

Washington, Jurnas.com - Pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS), Anthony Fauci mengatakan, AS bergerak ke arah yang salah dalam melawan COVID-19. Itu disampaikan merujuk peningkatan infeksi baru-baru ini terutama di negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Dalam sebuah wawancara di program State of the Union CNN pada Minggu, Fauci mengatakan banyak orang rentan di seluruh AS namun belum divaksinasi. Padahal merekalah yang memacu peningkatan kasus COVID-19. "Kita menuju ke arah yang salah," kata Fauci.

"Jika Anda melihat kurva infeksi baru… itu adalah salah satu yang tidak divaksinasi dan karena kami memiliki 50 persen negara yang tidak sepenuhnya divaksinasi, itu masalah, terutama ketika Anda memiliki varian seperti Delta yang memiliki karakteristik luar biasa karena dapat menyebar dengan sangat efisien dan sangat mudah dari orang ke orang," sambungnya.

Vaksin COVID-19 tersedia secara luas di seluruh AS, dan hanya kurang dari 60 persen orang dewasa yang divaksinasi penuh dengan 68,8 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis, menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Tetapi jutaan orang belum divaksinasi, dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden mendesak orang Amerika untuk mendapatkan suntikan mereka – terutama di negara bagian di mana kasus telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Peningkatan paling tajam dalam infeksi COVID-19 terjadi di tempat-tempat dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah. Florida, Texas, dan Missouri menyumbang 40 persen dari semua kasus baru secara nasional, dengan sekitar satu dari lima kasus baru terjadi di Florida, kata penasihat Gedung Putih Jeffrey Zients pekan lalu.

"Jika Anda divaksinasi, vaksin ini sangat protektif terhadap varian Delta, terutama terhadap penyakit parah yang menyebabkan rawat inap dan terkadang berakhir dengan kematian," kata Fauci, Minggu (25/7).

"Ini benar-benar wabah di antara yang tidak divaksinasi … itulah alasan mengapa kami di luar sana secara praktis memohon kepada orang-orang yang tidak divaksinasi untuk pergi keluar dan divaksinasi," sambungnya.

Fauci mengatakan merekomendasikan agar masker yang divaksinasi dalam pertimbangan aktif oleh pejabat kesehatan masyarakat terkemuka pemerintah, sementara suntikan booster mungkin disarankan untuk orang dengan sistem kekebalan yang tertekan yang telah divaksinasi.

Fauci, yang juga menjabat sebagai kepala penasihat medis Biden, mengatakan dia telah mengambil bagian dalam percakapan tentang mengubah pedoman masker.

TAGS : Vaksinasi COVID-19 Amerika Serikat Anthony Fauci




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :