Rabu, 22/09/2021 06:59 WIB

Mengendarai Sepeda Motor, Kang Emil Bagikan Bansos

Dari hasil kunjungan langsung di lapangan, kang Emil menyadari banyak warga yang membutuhkan bantuan namun tidak terdata secara formal.

Dengan menggunakan sepeda motor, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambangi warganya. (Foto: Ist)

Jakarta  Jurnas Com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan bantuan sosial kepada warga di Bekasi, Jumat 23 Juli 2021. Bantuan berupa sembako ini diantarkannya langsung dengan mengendarai sepeda motor ke setiap rumah warga.

Kang Emil (sapaan akrabnya) yang mengendarai sepeda motor pabrikan Inggris mengelilingi sejumlah titik di Kota dan Kabupaten Bekasi. Dia bersepeda motor bersama rombongan kecil sambil membawa sejumlah paket bantuan kebutuhan pokok.

Beberapa titik yang dikunjungi yakni Serang Baru, Setu dan Cikarang di wilayah Kabupaten Bekasi. Kemudian Kang Emil dan rombongan pun menyambangi warga di Jatirada, Ciledug dan Bantargebang yang masuk daerah Kota Bekasi.

Sedikitnya jalur yang ditempuh mencapai 50 kilometer dengan rata-rata menyusuri warga di wilayah pinggiran. Pria yang akrab dipanggil kang Emil ini pun turut menyambangi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri di Bantargebang.

Kang Emil mengatakan, penyusuran secara langsung ini dilakukan untuk mengecek kondis langsung di lapangan, terutama di wilayah yang masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, di antaranya Bekasi.

Dari hasil kunjungan langsung di lapangan, kang Emil menyadari banyak warga yang membutuhkan bantuan namun tidak terdata secara formal.

“Saya kira dengan menyisir khusus mereka yang tidak termasuk dalam data formal. karena selalu ada dalam situasi ini, seperti pedagang yang KTP dari luar, ga masuk ke daftar lokal. jadi semangat hadir itu ingin ditunjukan khusus kepada mereka yang tidak terwakili sistem formal,” kata dia.

Selain mengetahui kondisi lapangan dan memberikan bantuan, kehadirannya diharapkan mampu mengurangi beban warga terutama mereka yang menjalani isoman.

“Kami ingin menyemangati dan berempati kepada masyarakat walaupun kita paham tidak kelihatan (membantu) diomongin, kelihatan (membantu) diomongin. Mending dikerjakan saja walaupun diomongin,” ujarnya.

Setelah Bekasi dan Bandung Raya, Ridwan Kamil mengagendakan penyisiran bantuan di wilayah Cianjur dan Bogor. Dia tetap akan mengendarai sepeda motor agar mudah menjangkau daerah pelosok.

Eka (52) warga Cicau, Cikarang Kabupaten Bekasi mengaku terkejut saat tiba-tiba Emil datang di depan rumahnya. Saat itu, Eka sedang bersiap memasak.

"Kaget kirain saya siapa soalnya pakai masker. Pas di buka ternyata Pak Ridwan Kamil. Serasa mimpi," ujar Eka.

Hal serupa juga dirasakan Anang Ketua RW 01 Desa Sukasejati, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

"Awalnya ragu mau nyapa, tapi saya beranikan ternyata dijawab. Pas Kang Emil tadi lagi istirahat di warung," kata warga yang juga menerima bantuan berupa sembako dan uang tunai ini.
(Afif Alwie)

TAGS : Ridwan Kamil Sepeda Motor Bansos Isolasi Mandiri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :