Kamis, 25/04/2024 12:10 WIB

China Tolak Investigasi WHO soal Asal-Usul Covid-19

China menolak rencana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggelar penyelidikan tahap kedua tentang asal mula Covid-19, berangkat dari hipotesis virus itu kemungkinan bocor dari laboratorium di Wuhan.

Dokter merawat pasien yang terinfeksi virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan di provinsi Hubei tengah China. (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - China menolak rencana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggelar penyelidikan tahap kedua tentang asal mula Covid-19, berangkat dari hipotesis virus itu kemungkinan bocor dari laboratorium di Wuhan.

"Kami tidak akan menerima rencana penelusuran asal seperti itu, dalam beberapa aspek, mengabaikan akal sehat dan menentang ilmu pengetahuan," kata Zeng Yixin, Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional (NHC) dikutip dari Reuters pada Kamis (22/7).

Zeng mengaku terkejut ketika pertama kali membaca rencana WHO, karena mencantumkan hipotesis bahwa pelanggaran protokol laboratorium Tiongkok telah menyebabkan virus bocor selama penelitian.

Pada Juli lalu, WHO menyebut penyelidikan sebelumnya mengenai asal-usul pandemi Covid-19 di China, terhambat oleh kurangnya data mentah pada hari-hari pertama penyebaran di sana.

Zeng menegaskan kembali posisi China bahwa beberapa data tidak dapat sepenuhnya dibagikan karena masalah privasi.

"Kami berharap WHO secara serius meninjau pertimbangan dan saran yang dibuat oleh para ahli China dan benar-benar memperlakukan penelusuran asal virus Covid-19 sebagai masalah ilmiah, dan menyingkirkan campur tangan politik," tegas Zeng.

KEYWORD :

China WHO Asal Usul Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :