Jum'at, 26/04/2024 14:05 WIB

Testing Covid-19 Menurun, Sahroni: Jangan Bohongi Diri Sendiri

Dalam beberapa hari terakhir ini, penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Tercatat Senin (19/7) kemarin penambahan kasus terkonfirmasi adalah 34.257 orang.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Jurnas.com - Dalam beberapa hari terakhir ini, penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Tercatat Senin (19/7) kemarin penambahan kasus terkonfirmasi adalah 34.257 orang.

Meski begitu, penurunan kasus ini bersamaan dengan anjloknya jumlah testing di tanah air. Dalam 3 hari terakhir, angka tes Covid-19 di Indonesia menurun hingga 68 persen.

Menanggapi hal ini, Anggota DPR RI asal Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni mempertanyakan penyebab penurunan tersebut. Menurutnya, jumlah testing justru harus lebih ditingkatkan lebih dari biasanya demi membendung penyebaran virus.


“Adanya penurunan jumlah testing Covid-19 ini juga menjadi pertanyaan bersama. Karena justru testing ini sangat krusial dalam melakukan tracing kasus. Kalau testingnya juga menurun, maka tracking kita juga tidak maksimal. Hasilnya penularan akan makin terjadi. Karenanya marilah, kita jangan bohongi diri sendiri,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Rabu (21/7).

Lebih jauh, Sahroni juga meminta agar pemerintah meningkatkan kapasitas testing demi membendung penyebaran virus corona varian delta yang sangat menular. Menurutnya, pemerintah perlu meningkatkan kapasitas 3T, khususnya di daerah.

“Seharusnya di kondisi seperti ini, di mana laju penularan sangat tinggi, maka testing perlu sangat digencarkan. Selain bisa membendung penularan kasus baru, hasil test juga tentunya bisa menjadi sumber data yang digunakan untuk mengambil kebijakan ke depannya,” demikian Sahroni.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi III DPR Ahmad Sahroni Pandemi Covid-19 PPKM Darurat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :