Jum'at, 01/07/2022 11:45 WIB

Assad Putuskan Kenaikan Gaji 50 Persen Pegawai Sektor Publik

Damaskus berulang kali menaikkan harga bahan bakar dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatasi krisis keuangan, dan kenaikan terakhir mengikuti kenaikan harga bensin sebesar 25 persen pekan lalu.

Presiden Suriah Bashar Assad (Foto: Financial Tribune)

Jeddah, Jurnas.com - Harga roti di Suriah berlipat ganda pada  Minggu dan biaya bahan bakar diesel hampir tiga kali lipat ketika rezim Assad menghadapi krisis uang tunai yang disebabkan oleh 10 tahun perang saudara dan sanksi Barat.

Damaskus berulang kali menaikkan harga bahan bakar dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatasi krisis keuangan, dan kenaikan terakhir mengikuti kenaikan harga bensin sebesar 25 persen pekan lalu.

Untuk meredakan pukulan, Presiden Bashar Assad mengeluarkan dekrit yang meningkatkan gaji sektor publik sebesar 50 persen dan menetapkan upah minimum pada 71.515 pound Suriah per bulan ($28 pada tingkat resmi), naik dari 47.000 pound ($18).

Dia juga menaikkan pensiun sektor publik dan militer sebesar 40 persen.

Tidak jelas dari mana dana itu berasal. Seorang ekonom di Damaskus mengatakan bahwa pemerintah akan terus menaikkan harga saat krisis semakin dalam. "Selama tidak ada uang yang masuk ke kas, kenaikan harga akan terus berlanjut," katanya.

Suriah sekarang akan membayar 500 pound untuk satu liter bahan bakar diesel, naik dari 180 pound pengguna di sebagian besar sektor membayar sebelumnya.

Mustafa Haswiya, dari Perusahaan Suriah untuk Penyimpanan dan Distribusi Produk Minyak, mengatakan 80 persen kebutuhan hidrokarbon Suriah dibeli dari luar negeri menggunakan mata uang asing. "Itu perlu untuk menaikkan harga untuk mengurangi tagihan impor," katanya.

Harga roti bersubsidi naik dua kali lipat menjadi 200 pound Suriah. Yayasan Suriah untuk Toko Roti yang dikelola pemerintah mengatakan kenaikan harga bahan bakar diesel telah berkontribusi terhadap peningkatan tersebut.

"Ini semua sudah diperkirakan dan sekarang kami khawatir akan kenaikan lebih lanjut dalam harga ... makanan dan obat-obatan," kata warga Damaskus Wael Hammoud, 41.

Harian pro-rezim Al-Watan pada  Minggu mengatakan kenaikan bahan bakar diesel akan menyebabkan peningkatan biaya transportasi di dalam dan di seluruh provinsi lebih dari 26 persen.

Biaya produksi juga akan meningkat di sektor pertanian dan industri, katanya, dan biaya pemanasan rumah akan naik 178 persen.

Ekonomi Suriah telah terpukul keras oleh perang selama satu dekade, sanksi Barat, korupsi yang meluas dan yang terbaru krisis ekonomi dan keuangan yang parah di negara tetangga Lebanon. Kenaikan gaji terakhir diumumkan pada November 2019.

Dolar AS diperdagangkan sekitar 3.200 pound di pasar gelap sementara kurs resminya adalah 2.500 pound.

Hampir 80 persen warga Suriah hidup dalam kemiskinan, dan 60 persen rawan pangan – situasi ketahanan pangan terburuk yang pernah ada di Suriah, menurut PBB. (Arab News)

TAGS : Suriah Harga Roti Bashar Assad Bahan Bakar Perang Saudara Sanksi Barat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :