Jum'at, 24/09/2021 19:11 WIB

Demi Sang Bapak, Putra Mantan Presiden Afrika Selatan Siap Pertaruhkan Nyawa

Putra mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengancam akan terjadi pertumpahan darah jika ayahnya ditangkap

Mantan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma saat mengumkan pengunduran dirinya (Foto: Sky News)

Jakarta, Jurnas.com - Putra mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengancam akan terjadi pertumpahan darah jika ayahnya ditangkap karena tenggat waktu semakin dekat.

"Kami akan menghentikan siapa pun yang ingin memenjarakan Jacob Zuma," kata Edward Zuma kepada wartawan di luar rumah keluarga di Nkandla di provinsi KwaZulu-Natal.

“Kami tidak akan membiarkan itu. Mereka (polisi) harus menumpahkan darah karena kami akan membelanya dengan nyawa kami,” katanya.

Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan pekan lalu menghukum Zuma 15 bulan karena penghinaan dalam putusan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Zuma dinyatakan bersalah karena “dengan sengaja” menolak untuk hadir di hadapan komisi yudisial yang menyelidiki korupsi selama hampir satu dekade berkuasa.

Komisi Penangkapan Negara yang dipimpin oleh Wakil Ketua Hakim Raymond Zondo mengajukan kasus terhadap Zuma sekitar empat bulan lalu, menuduhnya menolak untuk muncul pada beberapa kesempatan meskipun ada perintah pengadilan yang menuntut kehadirannya.

Dalam putusan yang jarang terjadi, Mahkamah Konstitusi memerintahkan mantan presiden itu untuk menyerahkan diri ke kantor polisi Nkandla di dekat rumahnya atau Kantor Polisi Pusat Johannesburg dalam waktu lima hari.

Batas waktu bagi Zuma untuk menyerah adalah tengah malam dan jika dia gagal melakukannya, dia akan ditangkap.

Namun dalam upaya untuk menghindari penangkapan, pengacara Zuma mendekati Pengadilan akhir pekan lalu meminta resesi pada penilaian sebelumnya.

Mereka juga mendekati pengadilan tinggi daerah untuk larangan untuk mencegah polisi melakukan penangkapan sampai Mahkamah Konstitusi mendengar "permohonan pembatalan"-nya pada 12 Juli.

Tetapi para ahli hukum percaya Zuma mungkin ditangkap Kamis pagi jika dia tidak menyerah.

Media lokal mengklaim beberapa mobil polisi di sebuah kota dekat rumah Zuma sedang menunggu untuk pindah ke rumahnya dan melakukan penangkapan setelah batas waktu berakhir.

Zuma yang lebih muda tetap bersikeras bahwa ayahnya tidak akan kemana-mana. "Yang kami katakan adalah bahwa tidak ada Jacob Zuma yang akan dipenjara terlepas dari apa pun yang terjadi," katanya. (AA)

TAGS : Afrika Selatan Jacob Zuma Kasus Korupsi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :