Minggu, 17/10/2021 22:09 WIB

Kemenag Siapkan Asrama Haji Untuk Isolasi Pasien Covid-19

Ini bagian kehadiran Kemenag dan komitmen BUMN dalam membantu masyarakat.

Asrama Haji Pondok Gede. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Kementerian Agama bersama Perta Medika (BUMN), bersinergi menyiapkan rumah sakit (RS) darurat di Asrama Haji Pondok Gede.

Sekjen Kemenag Nizar mengatakan, pembicaraan antara Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri BUMN Erick Tohir, pertemuan dengan Direktur Perta Medika untuk membahas rencana menghadirkan RS darurat di asrama haji.

"Kami bersepakat menjadikan Gedung Arafah yang selama ini digunakan oleh RS Haji untuk perawatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat, meningkatkan sarana prasarananya agar bisa menjadi RS Darurat," terang Nizar di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Menurut Sekjen, saat ini masih dibutuhkan sejumlah rumah sakit yang bisa disiapkan dalam waktu dekat. Kalau dibangun, tentu butuh waktu. Karenanya, pihak kedua bersepakat untuk meningkatkan layanan di gedung Arafah asrama haji Pondok Gede sebagai RS darurat.

"Kebetulan, lay out kamar dan struktur bangunan gedung Arafah menyerupai rumah sakit, sehingga diharapkan dapat memudahkan proses optimalisasi sebagai RS darurat," jelasnya.

"Rencana, hari ini akan dilakukan survei lokasi dan diharapkan peralatan pemeriksaan kesehatan dari Perta Medika dapat segera dipasang," sambungnya.

Sekjen berharap, keberadaan RS darurat di asrama haji Pondok Gede ini bisa memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan, terutama bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

"Ini bagian kehadiran Kemenag dan komitmen BUMN dalam membantu masyarakat," ujarnya.

1003 Pasien Covid Telah diisolasi di Asrama Haji

Ditempat terpisah, Plt. Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, Khoirizi mengatakan, ada 25 asrama haji di seluruh Indonesia yang telah disiapkan dengan kapasitas mencapai 3.308 orang.

"Sampai hari Jumat kemarin, total sudah ada 1.003 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji," terang Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Menurutnya, dari 25 asrama haji yang telah disiapkan, ada tujuh asrama haji yang sudah mulai digunakan untuk ruang isolasi. Data per hari ini, kata Khoirizi, terbanyak di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, yaitu 612 orang. Mereka menempati 204 kamar dari 245 yang tersedia.

"Masih ada 41 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien Covid yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG," tuturnya.

Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 126 orang yang sedang isolasi. Asrama haji berikutnya adalah Semarang (85), Pondok Gede (56), Di Yogyakarta (67), Lombok (32), dan Ambon 25.

"Kami terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, BN setempatPB, Kodam dan Dinas Kesehatan. Sebab, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi. Sementara itu, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing. masing-masing," tegas Khoirizi.

Terpisah, Kepala Balitbang-Diklat Kemenag Ahmad Gunaryo mengatakan, depan juga kemungkinan akan digunakannya Balai Diklat Kemenag (BDK) sebagai ruang isolasi OTG.

"Ada 14 BDK di seluruh Indonesia yang bisa dipakai jika dibutuhkan untuk tempat-tempat isolasi," ujarnya.

TAGS : Kementerian Agama Nizar Asrama Haji RS Darurat Isolasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :