Sabtu, 20/04/2024 00:30 WIB

Potensi Crypto Perlu Dikelola Secara Cermat

Crypto dianggap merupakan bagian dari transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia. Oleh karena itu negara dan masyarakat harus punya pemahaman dan kesiapan institusi untuk menghadapi tranformasi itu.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (Foto: Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Crypto dianggap merupakan bagian dari transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia. Oleh karena itu negara dan masyarakat harus punya pemahaman dan kesiapan institusi untuk menghadapi tranformasi itu.

Demikian disampaikan oleh CEO BBJ Paulus Lumintang, CEO Indodax Oscar Darmawan dan peserta lain dalam diskusi Balitbang Golkar mengenai urgensi pengelolaan perdagangan crypto di Indonesia.

Crypto disebut akan terus meluas dan meningkat penggunaannya. Beberapa negara mengambil jarak dengan crypto, beberapa negara lain belum mengatur soal crypto. Indonesia sendiri berinisiatif untuk proaktif dalam hal crypto ini.

"Kita harus pastikan bahwa perusahaan dan pelaku crypto mematuhi aturan keuangan dan perdagangan di Indonesia, bukan sebaliknya," ujar Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga yang juga sekaligus merupakan Wakil Menteri Perdagangan.

Pernyataan Jerry ini untuk menjawab kekhawatiran peserta mengenai dampak negatif perusahaan crypto trans-nasional ditolak oleh beberapa negara.

Menurut Jerry Indonesia perlu mengambil sikap agar tidak gagap dengan transformasi crypto. Dengan begitu Indonesia bisa memaksimalkan potensi positifnya dan mengelola dampak sampingannya.

Apa yang dikatakan Jerry sejalan dengan sikap Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Menurut Airlangga, diperlukan kerangka aturan yang komprehensif terhadap perubahan ini.

"Melihat trend, nampaknya crypto akan makin dirasakan kehadirannya. Karena itu negara harus responsif, akomodatif sekaligus antisipatif," kata Airlangga.

Airlangga menilai perdagangan crypto yang sudah mencapai Rp370 triliun dengan pelanggan yang mencapai 6,4 juta adalah sebuah kondisi riil yang harus dikelola dengan baik. Ke depan perdagangan crypto akan lebih mapan dengan potensi produk yang makin beragam.

"Yang terpenting adalah bagaimana agar pengembangan itu makin mendukung kepentingan nasional," terang Airlangga.

Baik CEO Indodax Oscar Darmawan maupun CEO BBJ Paulus Lumintang menilai bahwa sikap Golkar yang proaktif terhadap isu-isu yang berkaitan dengan crypto adalah angin segar.

Hal ini karena keduanya menilai harus ada kesepahaman visi dan pandangan dari berbagai stake holder sehingga pengelolaan crypto di Indonesia bisa lebih baik dan selangkah lebih maju.

Diskusi yang dimoderatori Deswandhy Agusman sempat berlangsung seru dan diwarnai beberapa argumen mengenai dampak crypto terhadap makro ekonomi Indonesia. Hadir dalam diskusi ini pengurus dan Pakar Balitbang Golkar antara lain Bahtiar Sirang, Tirta Hidayat, dan Arnanto Wibowo.

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Crypto Cryptocurrency




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :