Kamis, 25/04/2024 22:35 WIB

Revitalisasi Pasar Rakyat, Bukti Keberpihakan Pemerintah Kepada Ekonomi Kerakyatan

Program revitalisasi pasar rakyat menjadi tugas penting Kementerian Perdagangan dalam mengemban dan menjalankan mandat Presiden Joko Widodo

Suasana pasar rakyat. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan, pemerintah berpihak pada ekonomi kerakyatan. Salah satu bentuk melalui pembangunan pasar rakyat. Program revitalisasi pasar rakyat menjadi tugas penting Kementerian Perdagangan dalam mengemban dan menjalankan mandat Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga saat meresmikan Pasar Berdikari Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Selasa (29/6). Hadir dalam peresmian itu Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang.

“Kemendag membantu pembangunan pasar ini untuk mendorong pasar rakyat agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan dan toko modern. Sehingga, dapat meningkatkan omzet pedagang pasar rakyat. Ini adalah wujud keberpihakan pemerintah pada ekonomi kerakyatan,” ujar Wamendag Jerry, seperti dikutip dari pers rilis yang diterima media ini.

Menurut Wamendag Jerry, pembangunan pasar rakyat yang nyaman bagi penjual dan pembeli dapat mengangkat daya saing dan citra pasar rakyat di masyarakat.

Selain pembangunan fisik, manajemen pengelolaan pasar juga menjadi Perhatian Kemendag. Para pengelola dibina secara khusus agar lebih memahami pengelolaan pasar rakyat. Kapasitas para pedagang juga ditingkatkan melalui keikutsertaannya di sekolah pasar.

"Pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar rakyat. Namun, keunggulan yang terdapat di pasar rakyat adalah harga yang terbentuk merupakan hasil tawar-menawar para pihak,” ujarnya.

Kenyamanan pasar ini juga dapat memudahkan akses transaksi jual beli. Arus barang antar wilayah khususnya barang kebutuhan pokok (bapok) masyarakat semakin lancar. Dengan memiliki pasar yang mumpuni, kebutuhan bapok suatu daerah akan terpenuhi dan terjaga dengan baik.

KEYWORD :

Kementerian Perdagangan Wamendag Jerry Pasar Rakyat Revitalisasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :