Minggu, 24/10/2021 04:51 WIB

Sempat Mangkir, Ihsan Yunus Hadir di Sidang Korupsi Bansos

Selain Ihsan Yunus, Jaksa KPK menjadwalkan pemeriksaan saksi persidangan yaitu, Advokat senior Hotma Sitompul.

Mantan Wakil Ketua Komisi VIII, Ihsan Yunus di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta

Jakarta, Jurnas.com -  Anggota DPR fraksi PDIP Ihsan Yunus hadir sebagai saksi dalam persidangan kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) covid-19 di Kementerian Sosial (Kemenesos) yang menjerat mantan Menteri Juliari Peter Batubara.

Selain mantan Wakil Ketua Komisi VIII itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menjadwalkan pemeriksaan saksi terhadap Advokat senior Hotma Sitompul di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta.

"Saksi persidangan Senin, 21 Juni, Ihsan Yunus dan Hotma Sitompul," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (21/9).

Selain kedua orang itu, jaksa juga berencana menghadirkan tiga saksi lainnya. Sehingga, total saksi yang akan dihadirkan berjumlah lima orang.

"(Saksi) Chandra Andtianti, Merry Hartini, dan Eko Budi Santoso," ujar Ali.

Sebagai informasi, Ihsan Yunus tidak hadir dalam persidangan sebelumnya yang digelar pada 14 Juni. Dia beralasan sedang mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VIII DPR sehingga absen untuk bersaksi dalam persidangan dengan terdakwa Juliari P. Batubara.

"Untuk Ihsan Yunus, ada surat yang kami terima, yang bersangkutan berhalangan hadir karena ada rapat RDP Komisi DPR di Hotel Ayana Midplaza dari tanggal 14 sampai 16 Juni 2021," kata jaksa KPK Ikhsan Fernandi.

Dalam perkara ini, Juliari didakwa menerima suap melaui Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso sebesar Rp1,280 miliar dari pihak swasta bernam Harry Van Sidabukke.

Kemudian, Juliari juga menerina uang dari senilai Rp1,950 miliar dari Direktur Utama PT Tigapilar Agro Utama Ardian Iskandar Maddanatja.

Terakhir, dalam dakwaan juga disebutkan jika Juliari menerima uang senilai Rp29.252.000.000 atau Rp29,2 miliar dari beberapa penyedia barang pada proyek bansos.

TAGS : KPK Juliari Peter Batubara Kementerian Sosial Bansos Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :