Sabtu, 20/04/2024 07:09 WIB

Kementan Ajak Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat Tingkatkan Kualitas SDM Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak pemerintah daerah Manokwari dan pemerintah provinsi Papua Barat untuk ikut serta mendukung program kementan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi bersama Wakil Gubernur Papua Barat, didampingi Dir Polbangtan Manokwari, Kadistan Prov Papua Barat, BPTP Prov Papua Barat pada Acara Penguatan Kelembagaan Penyuluhan tingkat Kecamatan dan Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani di Prov Papua Barat di Kantor Gubernur Papua Barat, Rabu 16 Juni 2021. (Foto: Ist)

Papua Barat, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak pemerintah daerah Manokwari dan pemerintah provinsi Papua Barat untuk ikut serta mendukung program kementan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pertanian.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi saat audiensi langsung dengan Wakil Gubernur Papua Barat, Rabu (16/6).

"Keberhasilan pembangunan pertanian harus dimulai dari SDM pertanian. Karena itu, kita harus terus menggenjot peningkatan kualitas SDM untuk peningkatan produktifitas yang ada ditanah Papua Barat ini," ujar Dedi.

Melihat Sumber daya alam bumi papua yang luar biasa dengan kesuburan pertanian, Dedi berharap produktivitas pertanian meningkat "Jikalau didukung dengan SDM yang terampil dan cekatan memahami teknologi serta mampu mengimplementasikan, maka produksi dan produktivitas akan meningkat," ujar Dedi.

Statement ini memperkuat arahan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo yang menekankan, penguatan SDM pertanian wajib dilakukan dan masuk dalam program prioritas Kementerian Pertanian (Kementan).

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lokatani menyambut hangat dan menyampaikan terima kasih karena kedatangan Kepala BPPSDMP membawa segenggam Program yang sangat luar biasa.

"Tentu kami akan mendukung penuh serta menfasilitasi program tersebut, sehingga apa yang di harapkan dapat tercapai," katanya

Senada dengan hal Wagub, Bupati Manokwari Hermus Indou juga mendukung program tersebut.

"Kedepan kita memang butuh transformasi dibidang pertanian, sebab Manokwari dikenal dengan potensi pertanian cukup besar dengan berbagai kebijakan. Peningkatan Petani dan penyuluh menjadi salah satu faktor yang menentukan peningkatan produktivitas," ujar Hermus

Terlebih, lanjut dia, di Manokwari memiliki Polbangtan yang merupakan salah satu distributor SDM pertanian dengan menghasilkan Petani petani yang berkompeten.

Hadir menemani Kepala BPPSDMP, Purwanta selaku Direktur Polbangtan Manokwari menyampaikan bahwa secara prinsip senantiasa mendukung apa yang menjadi program dari kementan

"Sebagaimana tugas dan fungsi kita sebagai pendidikan vokasi di bawah Kementan tentu mahasiswa diajarkan penjadi petani milenial yang mengerti teknologi agar dapat melahirkan inovasi baru sehingga dapat menjadikan pertanian lebih maju, lebih mandiri dan lebih modern," kata Purwanta.

KEYWORD :

SDM Pertanian Dedi Nursyamsi Syahrul Yasin Limpo Manokwari Papua Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :