Minggu, 25/07/2021 10:17 WIB

Alasan Kemenag soal Turunnya Peminat PTKIN Tahun Ini

Peminat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun ini mengalami penurunan. Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Peminat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun ini mengalami penurunan. Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani.

Ramdhani mengatakan, tahun ini tercatat sebanyak 100.038 calon mahasiswa mengikuti Ujian Masuk PTKIN. Jumlahnya terbilang menurun dibandingkan dua tahun sebelumnya.

"Adanya pandemi Covid-19 menjadi faktor menurunnya jumlah pendaftar," terang pria yang dipanggil Dhani itu dalam keterangannya pada Kamis (17/6). UMPTKIN merupakan sistem seleksi nasional calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Kendati demikian, jumlah peserta yang melakukan daftar ulang mencapai 75 persen. Menurut Dhani, hal ini menunjukkan bahwa saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat.

Dhani melanjutkan, dari 100.038 calon mahasiswa yang mendaftar, tercatat 46 persen pendaftar berasal dari madrasah aliyah (MA) dan pesantren, 42 persen dari SMA, dan 12 persen dari SMK.

"Persentase asal madrasah atau sekolah ini juga menandakan PTKIN telan menjadi pilihan sebagai wujud kepercayaan terhadap kualitas dan mutu lulusanya selama ini," ujar Dhani.

Dhani menuturkan, lima program studi yang paling diminati secara berurutan ialah Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Farmasi UIN Alaudin Makassar, Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar, Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sedangkan lima besar kategori PTKIN yang paling diminati pendaftar adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (13.431 peminat), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (12.455 peminat), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (12.376 peminat), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (8.384 peminat), dan UIN Alauddin Makassar (7.642 peminat).

Peminat UM-PTKIN berdasarkan pilihan prodi sebanyak 8.264 dengan peminatan rumpun IPA dan rumpun IPS 91.774 mahasiswa yang terdiri dari 34.408 laki-laki dan 65.630 perempuan.

Sebagai Informasi, hasil UMPTKIN 2021 diumumkan pada 17 Juni 2021. Untuk mengecek kelulusan, panitia menyediakan laman yang bisa diakses di alamat: https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

TAGS : PTKIN Perguruan Tinggi Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdhani




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :