Sabtu, 24/07/2021 08:48 WIB

Pengguna Hijab, Ini Cara Gampang dan Manjur Merawat Rambut Anda

Sebenarnya tidak rumit dalam merawat kecantikan rambut, jika bingung bagaimana merawat rambut dan kulit kepala tetap sehat  walau berhijab maka cobalah beberapa cara ini untuk mengatasinya.

Ilustrasi wanita berhijab (foto: liputan6)

Jakarta, Jurnas.com – Menggunakan hijab bukan berarti rambut luput dari perawatan. Keluhan akan masalah kesehatan rambut  lebih banyak dialami bagi wanita yang mengenakan hijab. Mulai dari rasa gatal di bagian kulit kepala, rambut berminyak, lepek bau lembab, kasar, rambut bercabang, berketombe hingga rambut menjadi rontok.

Jangan sepelekan kerontokan rambut yang Anda alami karena itu salah satu tanda rambut tidak sehat. Kerontokan ini bisa saja terjadi karena berbagai hal mulai dari kondisi rambut yang terus  tertutup didalam hijab hingga perawatan rambut yang kurang terjaga.

Sebenarnya tidak rumit dalam merawat kecantikan rambut, jika bingung bagaimana merawat rambut dan kulit kepala tetap sehat  walau berhijab maka cobalah beberapa cara ini untuk mengatasinya.

Cuci rambut secara teratur

Rambut adalah mahkota yang keindahannya harus dijaga dengan baik karena itu jangan malas merawatnya. Agar rambut sehat dan cantik pastikan bahwa selalu keramas atau cuci rambut secara teratur setidaknya dua atau tiga hari sekali. Ingat, cuci rambut dengan benar. Pastikan kulit kepala dan rambut telah tercuci dengan menyeluruh. Rambut yang kotor karena jarang keramas akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Hindari menggunakan hijab saat rambut masih basah

Rambut yang belum kering sempurna tidak baik bila diikat dan tertutup. Rambut dalam kondisi basah lalu menggunakan hijab akan mengakibatkan gatal pada bagian kulit kepala yang dapat menimbulkan ketombe. Parahnya, tekstur rambut menjadi rusak sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Mengikat rambut jangan terlalu kencang

Salah satu penyebab rambut menjadi rapuh dan mudah rontok adalah mengikat rambut yang terlalu kencang. Umumnya rambut akan diikat untuk terlihat rapi dalam menggunakan hijab. Jangan mengikat rambut menggunakan karet gelang, pilihlah ikat rambut yang terbuat dari bahan.

Gunakan hijab dari bahan yang tepat

Pemilihan bahan hijab yang tepat bagi rambut Anda merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan rambut. Pakailah bahan hijab yang dingin dan nyaman untuk kulit kepala serta rambut Anda. Jangan gunakan hijab dengan bahan yang membuat kulit kepala menjadi panas dan berkeringat yang dapat merusak kecantikan rambut.

Melakukan perawatan rambut

Selain keramas, rambut dan kulit kepala perlu diberi nutrisi untuk mencegah rambut dari kerusakan. Pemberian vitamin dan melakukan creambath juga perlu Anda lakukan agar rambut tetap cantik, sehat dan kemilau.  

TAGS : Merawat Rambut Hijab Cara Gampang Manjur




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :