Senin, 29/04/2024 07:27 WIB

Calon Pengganti Marsekal Hadi Mengerucut, KSAD dan KSAL Paling Mencolok

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang. Sejauh ini, sudah ada dua nama calon yang mengerucut.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Effendi Simbolon. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang. Sejauh ini, sudah ada dua nama calon yang mengerucut.

Menurut anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon, dua calon yang paling mencolok menggantikan Marsekal Hadi adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

"Kita rujuk lagi bisa menjadi dua, dua itu KSAD dan KSAL gitu," kata Effendi kepada wartawan, Selasa (15/6).

Dikatakan dia, andai Presiden Joko Widodo menunjuk Andika sebagai Panglima TNI pengganti Hadi, maka proses pergantiannya berlangsung pada Juli 2021.

Sebab, menurutnya hitung-hitungan matematisnya Andika tidak akan lama menjabat Panglima TNI seandainya ditunjuk Jokowi.

Jika pergantian mengikuti waktu pensiun Hadi Tjahjanto pada November 2021, kata Effendi, masa jabatan Andika tergolong singkat sebagai Panglima TNI.

"Kalau misalnya presiden berkehendak memutuskan Pak Andika, saatnya adalah bulan depan harus dilakukan pergantian (Panglima TNI, red)," terang politisi PDIP ini.

Namun, lanjut Effendi, jika pergantian terjadi pada November 2021 atau mengikuti masa pensiun Hadi, maka Yudo menurutnya lebih cocok. Sebab, masa pensiun Yudo lebih panjang.

"Kalau plan-nya lain misalnya menempatkan Pak Yudo berarti prosesnya akan ada di November nanti sampai Pak Hadi pensiun," tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I DPR Effendi Simbolon KSAD KSAL Panglima TNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :