Sabtu, 24/07/2021 08:50 WIB

Wanita Single, Bingung Mengatur Uang? Ikuti Tips Ini

Mengatur keuangan bagi wanita single sebenarnya tidak cukup mudah apalagi yang memiliki hobi berbelanja. palagi karena kesendiriannya, tidak ada yang mengingatkan.

Ilustrasi wanita belanja (foto : m.money.id)

Jakarta, Jurnas.com - Mengatur keuangan bagi wanita single sebenarnya tidak cukup mudah apalagi yang memiliki hobi berbelanja. Berbagai perawatan tubuh, pakaian yang sedang trend sampai dengan gadget keluaran terbaru menggoda untuk dimiliki. Apalagi karena kesendiriannya, tidak ada yang mengingatkan bahwa ia telah boros.

Mulailah Anda memperbaiki sikap konsumtif tersebut karena kebiasaan belanja tersebut akan membuat Anda sulit dalam menyisihkan uang untuk menabungkan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi wanita single dalam mengatur keuangannya :

Tips pertama, membuat daftar prioritas pengeluaran. Catatlah segala pengeluaran Anda yang wajib dikeluarkan dalam satu bulan ini secara rinci. Dari daftar tersebut maka kamu akan mengetahui alokasi dana yang dikeluarkan setiap bulannya.

Langkah berikutnya, sisihkan pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan. Jika Anda rasa ada pengeluaran yang tidak layak atau tidak diperlukan, maka jangan ragu untuk menghapus atau menyingkirkannya.

Tips ke dua, dana darurat harus disiapkan. Hal ini harus kamu pikirkan bila ada keperluan mendesak dan memerlukan dana. Anda tidak akan pernah tahu kapan akan mengalami musibah, dan lain-lain.

Anda sebaiknya memiliki rekening tersendiri dalam menyimpan dana darurat ini. Agar tidak tergoda menggunakan dana tersebut karena bercampur dengan dana yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk mengantisipasi jika suatu saat terpaksa mengggunakannya.

 Tips ke tiga, jangan berhutang atau kredit. Hindari penggunaan kartu kredit dalam melakukan pembayaran. Karena, semakin sering Anda menggunakan kartu kredit saat berbelanja, semakin besar pula uang yang harus Anda keluarkan dibulan-bulan berikutnya.

Hindari juga membeli barang dengan pembayaran angsuran atau kredit. Hal ini akan membuat Anda tanpa sadar menumpuk tagihan yang harus kamu cicil tiap bulan. Selain itu, usahakan untuk tidak berhutang kepada siapapun.

Tips ke empat, jangan terpancing dengan diskon. Ketika Anda melihat suatu barang keren sedang turun harga segera kuatkan hati untuk menahan diri tidak langsung memborongnya. Pikirkan dahulu fungsi dari barang tersebut. Bila tidak terlalu penting, lebih baik segera berlalu dari toko tersebut agar tidak merubah pendirian Anda.

Tips ke lima, hidup sederhana. Lebih baik Anda memenuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu berpenampilan glamor agar di senangi orang lain. Menjadi pribadi yang menyenangkan akan membuat Anda lebih menarik dan memiliki banyak teman.

TAGS : Wanita Single Tips Keuangan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :